Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Jun 2017 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Paris Hadapi Polusi Udara

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Foto: Suasana jalanan Kota Paris ketika hari bebas kendaraan (AFP)
Foto: Suasana jalanan Kota Paris ketika hari bebas kendaraan (AFP)
Paris - Tidak hanya Jakarta yang mempunya car free day, Paris di Prancis Juga ada. Tahun ini, car free day jatuh pada tanggal 1 Oktober.

Bayangkan bagaimana ketenangan Kota Paris jika warganya tidak di izinkan mengendarai kendaraan dalam sehari. Kebijakan ini guna untuk mengurangi polusi udara dan suara di Kota Paris.

Dilansir dari berbagai sumber oleh detikTravel, Kamis (22/6/2017) mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat, motor dan mobil tidak diizinkan masuk kota. Jadi pada hari itu, hanya para pejalan kaki, warga yang menggunakan skuter, dan pesepeda yang bisa berkeliaran di kota.

Namun kendaraan darurat seperti ambulans dan kendaraan umum tetap bisa beroperasi seperti biasa. Namun kecepatannya dibatasi, tidak boleh lebih dari 30 km per jam lho!

Car free day di Paris (AFP)Car free day di Paris (AFP)
Pada hari tanggal 1 Oktober mendatang, orang-orang tetap bisa datang ke Paris dengan mobil, namun harus sebelum pukul 11.00 . Jika datang di atas pukul 11.00 pengunjung akan dipaksa untuk parkir di batas kota dan naik bus.

Kebijakan ini telah berlaku sejak tahun 2015 lalu. Di mana awal mula kebijakan hanya dilaksanakan di jantung Kota Paris. Selanjutnya tahun ke tahun daerahnya semakin diperluas.

Pada tahun ini kendaraan hanya bisa berlalu lalang di daerah yang termasuk lingkar Peripherique dan jalan utama di Bois de Boulogne dan Bois de Vincennes.

Walikota Paris mengusulkan ide ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bagaimana suasana kota tanpa ada kendaraan berlalu lalang. Serta untuk mengurangi populasi udara di Kota Paris.

Kebijakan yang diambil Walikota Paris, Anne Hidalgo ini tidak hanya untuk Kota Paris dan warganya, tetapi juga kepada para wisatawan. Hal ini nantinya akan menciptakan sejarah, dimana penduduk dan wisatawan menemukan ketenangan Paris tanpa kendaraan berlalu lalang.

Berkaca kepada kesuksesan pada hari bebas mobil pada 25 September 2016, udara yang mengandung karbon dioksida berkurang sampai 30 persen di Paris. Tidak tanggung-tanggung, Hidalgo sudah memiliki perencanaan di mana semua mobil diesel pada tahun 2025 dilarang berkeliaran di jalanan kota. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Korea Selatan

Pulau Jeju dan Bali Ternyata 'Bersaudara'

Selasa, 21 Nov 2017 12:10 WIB

Pulau Jeju di Korea Selatan dan Bali punya banyak kesamaan. Keduanya memiliki wisata alam yang indah, makanan khas yang nikmat, juga keramahan para penduduknya.