Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Jul 2017 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Buka, RTH Putri Kaca Mayang Ramai Dikunjungi Warga Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung
detikTravel
RTH Kaca Mayang di Pekanbaru, Riau (Chaidir/detikTravel)
RTH Kaca Mayang di Pekanbaru, Riau (Chaidir/detikTravel)
Pekanbaru -

Ruang Taman Hijau (RTJ) Putri Kaca Mayang telah dibuka untuk umum. Masyarakat Pekanbaru pun ramai membawa anak-anaknya bermain di taman bunga itu.

Pantauan detikTravel, Selasa (4/7/2017), sore hari saat matahari mulai redup, lokasi RTH Putri Kaca Mayang ini ramai dikunjungi warga. Lokasinya di kawasan Jl Sudirman Pekanbaru, tepatnya di seberang Kantor Wali Kota Pekanbaru.

Taman ini luasnya sekitar 1 ha, dari Jalan Sudirman menembus ke Jalan Sumatera. Taman ini dibangun dalam hitungan setahun terakhir. Di lokasi itu dihiasi berbagai macam bunga dan rerumputan yang menghijau.

Ada tempat duduk yang terbuat dari bangunan beton, serta ada tempat untuk joging. Taman ini dibelah sebuah jalan yang menghubungkan ke Jalan Sudirman dan Sumatera.

Suasana RTH Kaca MayangSuasana RTH Kaca Mayang (Chaidir/detikTravel)

Di dalam kawasan taman ini juga tersedia arena Teater. Bentuknya, ada tempat duduk dari dinding beton yang bentuknya setengah lingkaran. Lokasi tempat duduk ini lebih rendah dari taman bunga.

Ada juga tempat khusus untuk anak-anak bermain pasir. Pasir sengaja disediakan di lokasi yang dibatasi dengan dinding.

RTH Putri Kaca Mayang ini merupakan lahan milik Pemprov Riau yang dibangun Gubernur Riau, Arsyadjuliandi 'Andi' Rachman. Taman ini khusus untuk rileks sejenak warga Pekanbaru khususnya untuk bermain dengan keluarganya. Sore itu, masyarakat pun ramai berkunjung di sana.

Ada area khusus anak-anak Ada area khusus anak-anak (Chaidir/detikTravel)

Suasana malam ini, RTH Kaca Mayang ini semakin tampak 'cantik'. Sinar lampu warna warni yang ada di taman menjadikan pemandangan yang menyejukkan mata. Malam hari, warga kian ramai untuk mengunjungi lokasi ini.

Tak pelak lagi, ramainya warga juga dimanfaatkan para pedagang kaki lima untuk berjualan. Namun para pedagang ini tidak dibenarkan berjualan di kawasan taman. Para pedagang hanya boleh berjualan di sepanjang Jl Sumatera yang menghadap ke taman.

Dilengkapi dengan tempat sampahDilengkapi dengan tempat sampah (Chaidir/detikTravel)

Kawasan ini dulunya memang lokasi wahana permainan dan SPBU. Belakangan SPBU dan wahana bermain tak berfungsi lagi. Dari sanalah, Gubernur Riau, Andi Rachman lantas menyulapnya menjadi kawasan ruang taman hijau.

Selain RTH Putri Kaca Mayang, Pemprov Riau juga punya satu RTH lagi yakni di Jl A Yani. Di sana RTH disebut Taman Integritas yang dulunya merupakan bekas Kantor Dinas PU Provinsi Riau. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED