Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Jul 2017 07:55 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Upacara Kasada, 80% Hotel di Bromo Sudah Dibooking Traveler

M Rofiq
detikTravel
Ilustrasi Gunung Bromo (Musida/dTraveler)
Ilustrasi Gunung Bromo (Musida/d'Traveler)
Probolinggo - Menjelang Upacara Yadnya Kasada dan Festival Eksotika Bromo, tingkat hunian hotel sudah mencapai 80%. Para turis sudah membooking kamar sejak jauh-jauh hari.

Perayaan upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, yang segera dilaksanakan dengan diiringi Festival Eksotika Bromo sebelum Kasada, membawa berkah terhadap sejumlah hotel dan pelaku usaha di sekitar Bromo.

Hal ini diungkapkan Digdoyo Djamaluddin, ketua Perhimpunan Hoten dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo. Digdoyo menyebut, sebanyak 14 hotel di kawasan Gunung Bromo, 80 persen kamar hotel yang sudah dipesan wisatawan domestik jauh sebelumnya.

"Pemesanan hotel di dominasi wisatawan domestik untuk menyaksikan ritual Yadnya Kasada dan pagelaran even Eksotika Bromo 2017, mereka memesan jauh sebelumnya, yakni beberapa bulan lalu, saat mendengar Festival Eksotika Bromo dan Kasada," tuturnya kepada detikTravel Kamis (6/7/2017).

Wisatan sudah mulai memadati Bromo jelang Upacara Kasada (M Rofiq/detikTravel)Wisatan sudah mulai memadati Bromo jelang Upacara Kasada (M Rofiq/detikTravel)


Sebanyak 494 kamar hotel dari 14 hotel kata pria yang disapa Yoyok ini, 80 persen kamar sudah terisi. Dari semua pemesan kamar hotel tersebut, ada 100 wartawan yang juga memesan kamar untuk meliput kegiatan tersebut.

"Media yang sudah memesan kamar hotel dominasi dari Jakarta, Jerman dan Belanda. Mereka yang memesan melalui jasa travel. Pasalnya, dari pagelaran tersebut dibilang kolosal yakni Event dengan konsep art performant dan lomba foto di kaldera lautan pasir itu, yang digelar pada Jumat (7/7) dan Sabtu (8/7).

Yoyok, menyebut pemesanan kamar hotel ini yang jelas semakin bertambah hingga hari H perayaan.

Mereka sudah booking hotel sejak lama (M Rofiq/detikTravel)Mereka sudah booking hotel sejak lama (M Rofiq/detikTravel)


Festival Eksotika Bromo 2017, ini digelar sebelum perayaan Ritual Yadnya Kasada, dimana event Eksotika Bromo tersebut, diikuti 250-an seniman dari delapan daerah. Antara lain Gowa, Ponorogo, Lumajang, Jembrana-Denpasar, dan Surabaya. Artis multitalenta Ayushita dan Ine Febriyanti juga dijadwalkan tampil membacakan puisi.

Para artis ibu kota juga telah dijadwalkan akan tampil di lautan pasir Gunung Bromo untuk membikin hangat suasana, yang saat ini tengah dipersiapkan segala sesuatunya oleh pihak panitia. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED