Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jul 2017 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Raja dan Sultan se-Indonesia Bakal Bersatu

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Silaturahmi Nasional Raja-Raja Se-Indonesia (Afif/detikTravel)
Foto: Silaturahmi Nasional Raja-Raja Se-Indonesia (Afif/detikTravel)
Jakarta - Sejak dahulu, ada banyak kerajaan dan kesultanan di Indonesia. Itu tidak akan disia-siakan, bakal terus dijaga dan dirawat sekaligus menjadi daya tarik wisata.

Maka, bakal digelarlah Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara ke-V di Gedung Nusantara DPR RI Jakarta, pada 27-28 Juli 2017. Akan dibuka secara resmi oleh Pimpinan DPR-RI, Fadli Zon.

"Silatnas sudah digelar sejak tahun 2008, yang ke-5 nanti akan dihadiri oleh 600 orang, mereka adalah raja, sultan, datu dan ratu dari seluruh Indonesia," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) Silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu ML Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

"Ada 372 kerajaan dan kesultanan di Indonesia. Silatnas ini adalah ingin menyatukan para raja, sultan, datuk dan pewaris serta penerus," tambahnya.

Harry Oentoro Drajat Ketua Tim Pokja Percepatan Borobudur, yang juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural turut hadir dalam jumpa pers tersebut. Menurutnya, penigngalan kerajaan dan kesultanan di Indonesia merupakan warisan budaya, sekaligus daya tarik wisata.

"Itu adalah kekayaan masa lalu, jadi aroma untuk orang-orang untuk datang ke Indonesia. 60 Persen turis datang ke Indonesia adalah tertarik dari budaya," tuturnya.

Dia menambahkan, peran raja, sultan, dan datu Nusantara sangat penting dalam memperkuat jatidiri bangsa , termasuk dalam menggali dan mengembangkan kearifan lokal. Sisi lain peninggalan fisik berupa bangunan, kerajaan keraton dan kesultanan di beberapa daerah di Indonesia yang hingga kini terawat baik menjadi bagian penting dalam memperkuat unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas). (aff/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.