Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jul 2017 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Kehidupan, Ini Makna Kuda Sandelwood Bagi Masyarakat Sumba

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi Parade 1.001 Kuda Sandelwood (Petrus Ola/detikTravel)
Foto: Ilustrasi Parade 1.001 Kuda Sandelwood (Petrus Ola/detikTravel)
Tambolaka - Bagi masyarakat Sumba, Kuda Sandelwood menjadi jati diri dan identitas budaya. Inilah makna di baliknya.

Hari ini tengah digelar Parade 1001 Kuda Sandelwood di Sumba Barat Daya. Atraksi dari ribuan kuda hias pun menjadi acara utama. Namun terlepas dari keseruannya, Kuda Sandelwood memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Sumba.

Diungkapkan oleh Kadispar NTT, Marius Ardu Jelamu saat dihubungi detikTravel via telepon Selasa malam (11/7/2017), Kuda Sandelwood disebut sebagai lambang martabat orang Sumba.

"Sebagai orang Sumba, kuda itu lambang martabat, harga diri, jadi dia melekat erat pada kebudayaan, jadi kuda tidak sekadar alat angkut," ujar Marius.

BACA JUGA: Parade 1.001 Kuda & Festival Tenun Ikat Sumba Ramai Turis Mancanegara

Ditambah oleh Marius, Kuda Sandelwood selalu menemani orang Sumba dari momen kelahiran hingga kematian. Kuda Sandelwood selalu ada dalam setiap nafas orang Sumba.

"Seluruh hidup orang Sumba dari lahir sampai mati tidak terlepas dengan kuda,kuda itu kekuatan, dia simbol ketangkasan, jadi semuanya dilambangkan dengan kuda. Mau pergi kubur itu juga harus pakai kuda, kuda itu harga diri," tutup Marius.

Apabila ingin melihat gagahnya Kuda Sandelwood, traveler pun bisa langsung mampir ke Parade 1001 Kuda di Kabupaten Sumba Barat Daya. Selain parade, acara juga akan dilanjutkan dengan Festival Tenun Ikat Sumba hingga Sabtu ini (15/7). (rdy/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.