Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Jul 2017 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Menantang dan Cantik, Ini Bocoran Trek Ijen Green Run 2017

Ardian Fanani
detikTravel
Trek Banyuwangi Ijen Green Run 2017 di kaki Gunung Ijen (Ardian Fanani/detikTravel)
Trek Banyuwangi Ijen Green Run 2017 di kaki Gunung Ijen (Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi - Ajang Banyuwangi Ijen Green Run 2017 bakal lebih seru dan menantang. Selain lari di alam bebas, traveler juga bisa menikmati indahnya alam di kaki Gunung Ijen.

detikTravel mendapat bocoran spot-spot cantik di sepanjang rute Banyuwangi Ijen Green Run 2017. Lewat mana saja?

5 Kilometer

Untuk kelas pendek 5 kilometer, peserta lari akan disuguhi perkampungan di Desa Tamansari. Pelari akan menyusuri jalan setapak sekitar Jiwa Jawa Resort, menyeberangi sungai Kalongan dan kampung penduduk. Tak hanya itu, pelari akan disuguhi pemandangan perkebunan rakyat yang asri dan berudara segar. Ada dua spot untuk istirahat pelari di sekitar perkampungan yang akan menyuguhkan makanan ringan dan minuman gratis untuk peserta.

Menantang dan Cantik, Ini Bocoran Trek Ijen Green Run 2017Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)


15 Kilometer

Pada kelas ini, pelari akan bisa menikmati rute lebih menantang dibandingkan di kelas 5 kilometer. Pelari akan melintasi kebun dadap, hutan pinus, hutan mahoni, perkebunan kopi Sriwulung dan perkebunan Lijen. Lintasan ini adalah jalan setapak, berbatu, dan tanjakan tajam. Tak hanya itu, pelari akan menyusuri sungai yang berbatu.

Di trek ini, ada tanjakan 'patah hati'. Trek sepanjang 70 meter ini memiliki kemiringan sekitar 40 derajat. Butuh keuletan dan keseimbangan jika melintasi trek sepanjang 15 kilometer ini.

Suasana sejuk dan pemandangan pohon-pohon pinus dan mahoni berukuran besar menjadi daya tarik tersendiri. Tak ketinggalan, pelari juga akan menikmati kesejukan dan bersihnya air sungai di kaki Gunung Ijen.

Menantang dan Cantik, Ini Bocoran Trek Ijen Green Run 2017Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)


27 Kilometer

Dalam kelas ini, pelari akan disuguhi lintasan tak yang tak mudah. Trek tanjakan dan turunan tajam di Kluncing menjadi tantangan berat yang harus ditaklukkan. Tanjakan dan turunan dengan kemiringan 20 derajat sepanjang 8 kilometer akan menguji stamina dan energi pelari. Treknya adalah jalanan berbatu dan tanah merah atau lempung.

Namun keindahan alam di kelas ini terbilang paling bagus. Pelari akan melintas juga di kebun dadap, hutan pinus, jalan setapak, hamparan sawah sekitar Ijen Resort, perkebunan cengkeh Bumisari, dan perkampungan terakhir Si Macan. Perkampungan ini adalah perkampungan terakhir yang berbatasan langsung dengan hutan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan pihaknya menyiapkan rute yang lebih menantang. Tak hanya disuguhi bentang alam yang hijau dan menakjubkan, budaya masyarakat pegunungan juga akan menambah warna warni Banyuwangi Ijen Green Run kali ini. Di beberapa titik, peserta bisa menikmati suasana pedesaaan sekaligus melihat warga yang mengolah komoditas perkebunan.

"Para peserta akan ditantang dengan rute tanjakan serta melintasi berbagai bentang alam kawasan Gunung Ijen Banyuwangi," Ujar Anas kepada detikTravel, Jumat (14/7/2017).

Menantang dan Cantik, Ini Bocoran Trek Ijen Green Run 2017Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)


"Bisa dibayangkan asyiknya. Berolahraga di kaki gunung dengan menaklukkan tanjakannya, lalu melintasi hulu sungai dari mata air Ijen. Belum lagi mata disejukkan dengan pemandangan terasering sawah yang membentang kehijauan. Pokoknya lengkap, dari perkebunan, hutan, alam perdesaan, sampai melintasi sungai," ujar Anas.

Gelaran Banyuwangi Ijen Green Run 2017 rencananya bakal dihelat pada 23 Juli 2017 mendatang. Lokasi start dan finish akan mengambil tempat di Lapangan Jambu, Desa Taman Sari, Kecamatan Licin.

Banyuwangi Ijen Green Run sendiri sudah sudah digelar untuk kali kedua sejak 2016. Ajang ini memadukan konsep olahraga lari dengan rute alam bebas (trail run) di kaki Gunung Ijen. (msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA