Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Jul 2017 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mungkin Orang Asing Lebih Bisa Mensyukuri Jakarta

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Mantan Menpar Seychells, Alain St Ange (Fitrayaa/detikTravel)
Mantan Menpar Seychells, Alain St Ange (Fitrayaa/detikTravel)
Jakarta - Jakarta setiap hari dihujat warganya sendiri, dari soal macet sampai banjir. Justru orang asing yang malah senang dengan suasana Jakarta.

"Jakarta itu menurut saya bersih kok," ucapan Alain St Ange mengejutkan detikTravel di tengah obrolan di Gran Melia, Jakarta, Jumat (29/7/2017) sore itu.

Serius? "Iya, hotel-hotel besar di Jakarta saja punya taman, saya suka melihatnya. Tidak semua hotel di negara lain begini," kata Alain.

Alain St Ange bukan orang sembarangan. Dia adalah Mantan Menteri Pariwisata dan Budaya Seychelles. Kami sedang berbincang soal pariwisata dan kerjasama ekonomi Asia dan Afrika ketika tiba-tiba obrolan menjadi seputar suasana Jakarta.

BACA JUGA: Kalijodo, Taman Bermain Instagenic di Jakarta

"Dari sejak keluar bandara Soekarno-Hatta, saya lihat bunga dan pohon. Sepanjang jalan pohon dan sampai hotel juga banyak bunga dan pohon," kata dia.

Ah mungkin Alain berlebihan, karena dia datang dari Seychelles, negeri kepulauan mungil di lepas laut benua Afrika yang jadi langganan liburan mewah selebriti dunia. Alain seperti membaca raut wajah saya.

"Lho saya kan sudah pernah ke berbagai kota di dunia karena menjadi menteri pariwisata. Kota Jakarta itu termasuk bagus lho," kata Alain yang ditemani Utusan Khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, Duta Besar Nico Barito.

Alain adalah pakar ekonomi pariwisata. Tulisan-tulisan analisanya bertebaran di berbagai majalah, jurnal dan forum pariwisata. Perjalanannya ke Jakarta membuatnya terkesan, meskipun Jakarta memang tidak sempurna.

BACA JUGA: 24 Jam di Jakarta, Bisa Banget!

"Macet ya jadi masalah memang di sini. Tapi kalau macet terus pemandangan di luarnya pohon-pohon dan bunga, kan enak. Di Dubai mau lihat apa? Padang pasir?" jelas dia.

Singapura jelas lebih maju dari Jakarta, tapi menurutnya keindahan di sana adalah artifisal. Nico Barito ikut menambahkan di Singapura semua pohon sama dan dipotong dengan sama.

"Kalau Jakarta itu masih natural pohonnya, beda-beda bentuknya," komentar Alain lagi.

Alain pun mengatakan berencana traveling di Indonesia, mumpung sudah tidak menjabat menteri lagi di Seychelles. Sabtu (29/7) ini, Alain sudah ada di Derawan untuk menikmati keindahan Indonesia.

Kalau warga negara asing bisa mensyukuri suasana Jakarta, kenapa warga Jakarta sendiri tidak bisa begitu? Yuk, berikan lebih banyak cinta untuk Ibukota! (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA