Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Agu 2017 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah 30 Tahun, Kota Kuno Bawah laut Ini Dibuka untuk Umum

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Kota kuno bawah laut Simena di Turki (DJONDO/Youtube)
Kota kuno bawah laut Simena di Turki (DJONDO/Youtube)
Kekova - Dalam upayanya meningkatkan pariwisata, Turki berencana untuk membuka kembali kota kuno bawah laut Simena. Upaya ini pun adalah yang pertama dalam 30 tahun.

Berlokasi di Pulau Kekova, Provinsi Antalya, kota kuno bawah laut Simena di Turki seakan sulit terjamah oleh wisatawan. Kota kuno bawah laut ini memang ditutup oleh Pemerintah Turki sejak tahun 1986 dengan alasan konservasi.

Namun setelah 30 tahun ditutup, rencananya Pemerintah Turki akan kembali membuka situs bersejarah itu untuk wisatawan. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (29/8/2017), hal itu pun diungkapkan oleh Walikota Antalya yang bernama Munir Karaloglu.

"Tidak hanya Kekova, tapi semua perairan di Antalya begitu kaya akan situs arkeologi. Upaya kami untuk mencoba berbagai pariwisata aternatif telah mulai membawa hasil dan ketertraikan pada wisata diving mulai meningkat," ujar Munir seperti diberitakan Hurriyet Daily News.

Sejarahnya, kota kuno bawah laut Simena tenggelam ke bawah laut akibat gempa dahsyat yang terjadi pada abad ke-2. Berbagai peninggalan bersejarah pun masih bisa dilihat, mulai dari teks dengan huruf Lycian hingga reruntuhan kota.

Saking jernihnya air di Pulau Kekova, traveler pun bisa melihat sisa reruntuhan kota kuno Simena dari daratan tanpa perlu menyelam. Namun bagi traveler yang bisa diving, menyelam di Simena tentu akan memberikan pengalaman lebih.

"Turis yang berpotensi menyelam di sini adalah orang yang tertarik untuk mengenal sejarah kami lebih jauh," ujar pengelola Kekova Diving Centre, Levent Isik seperti diberitakan media Telegraph.

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.