Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Sep 2017 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Panjang, Keraton Kasepuhan Cirebon Jadi Favorit Wisatawan

Sudirman Wamad
Redaksi Travel
Foto: Keraton Kasepuhan Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Foto: Keraton Kasepuhan Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)

FOKUS BERITA

Long Weekend Idul Adha
Cirebon - Libur Idul Adha sekaligus long weekend, Keraton Kasepuhan Cirebon diserbu wisarawan. Destinasi ini merupakan wisata religi dan sejarah yang menarik.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Dana Kartiman mengatakan, untuk tempat wisata favorit yang ada di Kota Cirebon masih didominasi oleh kekratonan, seperti Kaeraton Kasepuhan, Kanoman, dan Goa Sunyaragi.

Di antara empat keraton yang ada di Kota Cirebon, yakni Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Keraton Kasepuhan menjadi paling favorit. "Kalau untuk ke tempat wisata semacam keraton ini, biasanya terbantu oleh orang wisata religi. Kadang keraton kan menjadi tempat napak tilas wisata religi itu," ucap Dana saat ditemui detikTravel di ruang kerjanya, Kamis (31/8/2017).

Libur Panjang, Keraton Kasepuhan Cirebon Jadi Favorit Wisatawan(Sudirman Wamad/detikTravel)


DKOKP memiliki rencana untuk membuat city tour bagi yang iningin napak tilas wisata religi peninggalangan Wali Songo. Dengan pola city tour tersebut, sambungnya, seluruh keraton yang ada di Cirebon bisa terkunjungi oleh wisatawan. "Kita kemas wisata religi itu dengan budaya juga. Kita perlu akses untuk menghubungkan antara satu keraton dengan yang lainnya, begitupun dengan tempat ziarah," tuturnya.

Dana juga mengatakan, jumlah wisatawan di tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, sambungnya, kunjungan wisatawan mengalami kenaikan hingga 15 persen. "Kita (Kota Cirebon) memiliki keunggulan, salah satunya akses jalan menuju Cirebon itu gampang. Kemudian, kemcaten tidak terlalu jika dibandingkan kota lain," ucapnya.

Terpisah, salah seorang pengunjung wisata di Keraton Kasepuhan, Liyani (29) mengaku kunjungannya ke keraton merupakan kali pertama, Dirinya bersama keluarga sengaja berkunjung ke Cirebon untuk menikmati liburan.

"Kalau ke sini (keraton) kan wisata sambil belajar sejarah. Menurut saya mah bagus," kata wisatawan asal Bandung itu.

Libur Panjang, Keraton Kasepuhan Cirebon Jadi Favorit Wisatawan(Sudirman Wamad/detikTravel)
(aff/aff)

FOKUS BERITA

Long Weekend Idul Adha
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED