Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Sep 2017 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Belajar dari Peristiwa 2 Bule yang Kehabisan Duit di Pekalongan

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Dua turis bule asal Republik Ceko dan Slowakia yang kehabisan ongkos (Dok Polsek Wiradesa)
Foto: Dua turis bule asal Republik Ceko dan Slowakia yang kehabisan ongkos (Dok Polsek Wiradesa)
Jakarta - Baru-baru ini ada dua turis bule yang kehabisan ongkos saat traveling di Indonesia. Kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran, agar hal serupa tak terjadi lagi.

Traveler laki-laki Nedomelel Petr (36) asal Republik Ceko dan perempuan, Bratska Jara (29), asal Slowakia mengisi liburan ke Indonesia belum lama ini. Kisah keduanya sempat ramai diperbincangkan gara-gara mereka kehabisan ongkos dan tak bisa membayar hotel di Pekalongan.

Petr dan Jara diketahui sudah menikmati liburan di Bali dan Jawa Timur. Setelah dari Jawa Timur, dengan uang yang ngepas, mereka mau pulang ke negaranya lewat Jakarta. Namun terpaksa menginap di Pekalongan karena Petr sakit.

Hingga akhirnya, pihak hotel menggratiskan biaya penginapan, dan oleh petugas Polsek Wiradesa, keduanya ditumpangkan sebuah bus tanpa perlu bayar. Sesampainya di Jakarta mereka diarahkan menuju kedutaan.

Kejadian kehabisan uang yang menimpa dua bule ini tentu diharapkan tak menimpa traveler lain. Liburan yang seharusnya berujung bahagia, malah jadi tercampur dengan kisah sedih.

Nedomelel Petr dan Bratska Jara (Dok Polsek Wiradesa)Nedomelel Petr dan Bratska Jara (Dok Polsek Wiradesa)
Blogger yang dikenal sebagai Bowie Holiday, yang sudah banyak menjelajah Indonesia hingga luar negeri, mengatakan bahwa sebaiknya supaya acara liburan bisa berjalan lancar, paling tidak traveler masing-masing harus punya uang cadangan.

"Buat traveler backpacker atau apapun, mau traveling berapa lama sepuasnya bebas, asal punya simpanan. Kalau ada apa-apa, kalau kehabisan uang masih ada uang. Kalau kerampokan atau apa, masih punya yang juga," ujar Bowie dalam perbincangan via telepon dengan detikTravel, Senin (11/9/2017).

Traveling irit ala backpacker sekalipun menurutnya tetap harus punya cadangan uang. Karena memang banyak hal tak terduga di luar rencana yang bisa terjadi selama jalan-jalan, baik di dalam maupun luar negeri.

Ia juga menyarankan sebaiknya pemerintah lebih mengetatkan lagi soal syarat untuk bisa traveling ke Indonesia. Paling tidak traveler yang ingin menjelajah indahnya alam Indonesia memiliki biaya yang cukup, sehingga liburan mereka pun bisa sesuai dengan keinginan.

"Kita yang mau ke luar negeri saja mesti ada syarat tabungan dan cetak rekening koran buat visa. Harusnya pemerintah juga nggak (membolehkan) sembarang turis dari negara asing untuk masuk ke Indonesia sebebasnya, tetep ada syaratnya juga," tutur Bowie yang juga pernah merasakan suka duka traveling ala backpacker. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.