Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Sep 2017 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah NTB Sudah Berusaha Jaga Kebersihan Laut

Ilustrasi Pantai Kencana di Sumbawa (@didiirawan07/Instagram)
Jakarta - Foto kuda laut yang mmebawa cotton bud di Sumbawa menyita perhatian warganet. Pemerintah NTB pun memberi tanggapan terkait hal itu.

Sebelumnya disebutkan oleh sang penyelam yang memotretnya, Justin Hofman, bahwa ia memotret kuda laut tersebut di dekat Pantai Kencana di Sumbawa. Sayang Justin tidak menyebut lokasi persisnya.

Kuda laut di Sumbawa yang bawa cotton bud Kuda laut di Sumbawa yang bawa cotton bud (Justin Hofman/Instagram)

Menelusuri postingan tersebut, detikTravel pun menghubungi Kadispar NTB, Lalu M Faozal via sambungan telepon, Jumat (15/9/2017). Berikut pendapatnya.

"Gak mungkin di Pantai Kencana, itu daerah muara, dekat situ ada hotel juga," ujar Faozal

Diungkapkan oleh Faozal, bahwa Pantai Kencana sejatinya bukan merupakan spot diving. Kemungkinan besar foto itu diambil di dekat Pulau Moyo yang populer untuk spot diving.

"Kalau diving itu dekat Pulau Moyo, kalau daerah Moyo gak lah, bagus dan bersih di sana," ujar Faozal.

Terkait sampah yang terbawa arus di laut, Faozal pun mengaku kalau pihak Pemkab telah berupaya semaksimal mungkin untuk membuat NTB tetap bersih. Namun mengubah kebiasaan kebiasaan masyarakat itu memang bukan perkara mudah.

"Itu kan kebiasaan, kita sudah sewa satgas untuk membersihkan sampah, dibayar pakai APBN," jelas Faozal.

Secara pribadi, Faozal pun sangat ingin agar pantai dan laut di NTB bisa bersih tanpa sampah. Namun itu memerlukan proses panjang.

"Kalau kita sendiri sih pengen pantai di Lombok Sumbawa bersih tanpa sampah. Pantai-pantai di Lombok Sumbawa sudah terukur kebersihannya," tutup Faozal.

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA