Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Sep 2017 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Lebih Baik Boarding Pesawat Belakangan, Ini Alasannya

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi kabin pesawat (Pool)
Foto: Ilustrasi kabin pesawat (Pool)
Jakarta - Terkadang, traveler ingin cepat-cepat boarding ke dalam pesawat. Tapi ternyata boarding belakangan jauh lebih baik daripada di awal-awal. Mau tahu alasannya?

Setelah melalui proses check in, traveler biasanya akan dipanggil untuk boarding ke dalam pesawat. Antrean langsung mengular. Banyak orang terburu-buru untuk jadi yang terdepan dan yang paling cepat masuk ke dalam pesawat.

Kenyataannya, boarding di awal-awal ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Dilansir detikTravel dari The Independent dan jurnal ilmiah American Phsyical Society, Selasa (19/9/2017), ada resiko kesehatan yang mesti dihadapi traveler yang boarding ke dalam pesawat duluan.

Penumpang yang boarding lebih dulu dibanding penumpang lain, sangat rentan untuk terkena serangan serangga. Suatu percobaan sudah dilakukan oleh Arizona State University. Mereka membuat berbagai macam skenario boarding untuk mencari tahu bagaimana virus atau penyakit bisa menyebar ke seantero isi pesawat, hanya dari satu orang sumber.

Hasilnya cukup mengejutkan. Rupanya orang yang rentan terinfeksi virus atau penyakit, adalah yang boarding di awal-awal. Selanjutnya adalah sekelompok orang yang boarding bersama-sama, seperti rombongan keluarga atau yang duduk di Business dan First Class.

Jadi kalau kamu duduk di barisan depan, atau jadi orang pertama yang masuk ke dalam pesawat, kamu akan lebih rentan tertular penyakit, karena orang akan lalu lalang melewati kamu.

Kita kan tidak tahu penumpang lain menderita penyakit apa. Bisa jadi saat mereka melewati kamu yang sudah duduk duluan, virus atau kuman penyakitnya lewat dan hinggap ke kamu. Jadilah kamu akan tertular penyakit yang sama dengan orang tadi.

Sebaliknya, kalau kamu sakit dan jadi orang pertama yang masuk ke dalam pesawat. Orang-orang akan rentan tertular oleh penyakit yang kamu derita, flu misalnya.

Untuk mengatasi masalah ini, sekelompok peneliti tadi sedang mencari cara agar penumpang pesawat bisa boarding ke dalam pesawat, namun dengan kontak seminimal mungkin, sehingga penyebaran penyakit antar penumpang di dalam satu pesawat bisa diperkecil seminimal mungkin. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED