Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Okt 2017 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Selama 2 Bulan, Pameran Seni Indonesia Digelar di Bulgaria

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Tari Saman Gayo Lues di Bulgaria (dok KBRI Sofia)
Foto: Tari Saman Gayo Lues di Bulgaria (dok KBRI Sofia)
Sofia - Pameran seni dan budaya Indonesia tengah diadakan di Sofia, Bulgaria. Pameran akan berlangsung sekitar 2 bulan lamanya.

Pameran Indonesia bertajuk Wonders of Indonesia 2017 digelar di Galeri Nasional Bulgaria. Dalam rilis KBRI Sofia kepada detikTravel, Senin (9/10/2017), pembukaan pameran yang juga merupakan perayaan hubungan diplomatik RI-Bulgaria ke-61 dan resepsi diplomatik kemerdekaan Indonesia berlangsung di area terbuka galeri pada Jumat (6/10) kemarin.

Acara pembukaan ini ikut dimeriahkan oleh penampilan Tari Saman Gayo Lues, pergelaran kain Nusantara, lagu-lagu Indonesia, dan kuliner Nasional. Penampilan 15 orang kelompok Tari Saman Gayo yang dipimpin Kadis Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, berhasil memukau penonton.

Walau cuaca cukup dingin, para tamu pun tetap semangat untuk menikmati fashion show kain Nusantara yang dibawakan oleh model-model Bulgaria, termasuk di antaranya Miss Bulgaria.

(dok KBRI Sofia)Foto: (dok KBRI Sofia)
Sekitar 400 tamu dari kalangan diplomatik, pemerintah, pengusaha dan Indonesianis membawa pulang produk-produk Indonesia seperti Kopi Bali dan Indomie, serta berbagai brosur paket wisata yang ditawarkan travel agent setempat untuk ke Indonesia.

Promosi terpadu Indonesia ini tidak hanya berhenti pada satu malam saja, namun dalam 2 bulan hingga November 2017. Publik Bulgaria dapat mengunjungi pameran kain, artefak dan perhiasan Indonesia di Galeri Nasional: 500 square, serta pameran karya seni rupa maestro Indonesia di Galeri Nasional: Pallace di Kota Sofia.

Berbagai kain tenun, songket, dan batik dari tahun 1900-an hingga masa kini koleksi Rumah Pesona Kain, Yayasan Batik Indonesia, dan pribadi dipamerkan di ruang utama galeri bersama berbagai artefak Nusantara dan perhiasan-perhiasan mulai dari era Majapahit.

Di gedung Galeri Nasional Bulgaria lainnya yang sebelumnya adalah istana, dipamerkan 11 lukisan koleksi Galeri Nasional Indonesia serta koleksi pribadi Dubes RI Sofia.

Antara lain karya Afandi berjudul Perahu-perahu, Popo Iskandar berjudul Kucing, AD Pirous berjudul Kaligrafi Biru, juga pelukis Fajar Sidik, Nyoman Arsana, Batara Lubis, I Ketut Tagen, Sentot, Hatta Hambali, Mulyadi, Teguh Ostenrik, Hendra Gunawan, Dewa Putu Bedil, Dewa Putu Mokoh, serta berbagai seniman kontemporer Indonesia lainnya.

Selama 2 Bulan, Pameran Seni Indonesia Digelar di BulgariaFoto: (dok KBRI Sofia)
Kurator Galeri Nasional Indonesia, Citra Smara Dewi mengatakan pemilihan lukisan mewakili dinamika seni Indonesia pada masa setelah kemerdekaan antara tahun 1950-1980, yang diwarnai dengan berbagai aliran seperti realisme, ekspresionisme, decorative hingga abstrak.

Rangkaian acara Wonders of Indonesia dapat berjalan atas berbagai dukungan, di antaranya dari Ditjen kebudayaan Kemendikbud, Galeri Nasional Indonesia, Rumah Pesona Kain, Yayasan Batik Indonesia, Bank Negara Indonesia-London, serta pihak Kementerian Kebudayaan dan National Gallery Bulgaria.

Nah, kegiatan pameran ini pun merupakan rangkaian Festival Indonesia Beyond Europalia 2017 yang dimulai sejak Agustus 2017, di mana Pekan Film Indonesia ditayangkan dalam Festival Film Love is Folly di Kota Varna.

Menurut Dubes RI untuk Sofia, Astari Rasjid, berbagai kegiatan dalam rangkaian festival ini merupakan tindak lanjut MoU kerjasama di bidang kebudayaan RI-Bulgaria pada tahun 2016 lalu. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED