Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Nov 2017 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kawah Ijen Bangun Fasilitas, Wisatawan Harus Hati-hati

Ardian Fanani
Redaksi Travel
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi - Wisatawan yang akan ke Kawah Ijen Banyuwangi harus berhati-hati. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur sedang membangun fasilitas umum.

Pembangunan dilakukan di sekitar Paltuding dan Puncak Ijen. Akibatnya, saat ini kondisi dua lokasi itu sedikit berantakan. Banyak bahan material seperti kayu dan besi berserakan. Tak hanya itu, banyak pula lubang-lubang untuk pondasi bangunan tersebut menganga.

Kepala BBKSDA Jatim, Ayu Dewi Utari mengaku saat ini BBKSDA Jatim sedang melakukan pembangunan toilet, pendopo untuk musala dan pagar pengaman kawah di atas puncak Ijen. Sementara untuk di areal parkir Paltuding, kata Ayu, saat ini sudah dibangun musala, camping ground dan Tourist Infomation Center (TIC).

"Kami mohon maaf bagi wisatawan karena saat ini kita melakukan pembangunan sarana publik di Puncak Ijen dan Paltuding. Ini merupakan pelayanan kami untuk wisatawan yang menikmati keindahan Ijen," ujarnya kepada detikcom via seluler, Rabu (1/11/2017).

Menurut Ayu, pembangunan tersebut dibiayai oleh anggaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Pembangunan dilakukan dengan dua tahap. Yakni menggunakan APBN 2017 dan APBN 2018.

"Pembangunan dilakukan dua tahun. Tahun 2017 sebesar Rp 5 miliar dan tahun 2018 sebesar Rp 7 miliar," tambahnya.

Ayu menjamin pembangunan infrastruktur publik itu tidak akan mengganggu keindahan alam Ijen. Namun saat ini, pengerjaan pembangunan bisa dipastikan akan mengganggu aktivitas wisatawan yang menuju puncak Ijen. Pihaknya meminimalisir ganguan dengan cara bekerja setelah wisatawan turun dari puncak Ijen.

"Kita sudah ukur semuanya. Keindahan Ijen tidak akan terganggu dengan pembangunan itu. Wisatawan kan turun jam 6 pagi. Karena aktivitas mereka mulai dini hari hingga subuh. Kami mengerjakan di atas jam 6 pagi," tambahnya.

Mengenai pengamanan selama pembangunan infrastruktur, Ayu mengaku masih belum tahu. Pihaknya saat ini masih belum melakukan survey pembangunan infrastruktur publik tersebut.

"Harusnya dikasih pengamanan selama melakukan pembangunan tidak sampai membuat celaka wisatawan. Ini saran yang bagus," tambahnya.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED