Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Nov 2017 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Finlandia Timbang Berat Badan Penumpang Sebelum Terbang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi pesawat Finnair (Dok. feelfinnair/Instagram)
Ilustrasi pesawat Finnair (Dok. feelfinnair/Instagram)
Jakarta - Kalau naik pesawat perintis, timbang badan penumpang itu sih biasa. Namun sebuah maskapai modern di Finlandia juga menerapkan hal serupa. Apa alasannya?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (3/11/2017), adalah maskapai Finnair yang ingin menimbang berat badan ribuan penumpangnya. Tak hanya penumpang, barang bawaan mereka pun akan diperlakukan hal sama.

Namun begitu, maskapai ini tidak berencana memberi sanksi apapun bagi mereka yang dianggap kelebihan berat badan. Sebaliknya, Finnair melakukannya untuk menghemat biaya operasional.

Dengan menimbang berat badan maka keseimbangan pesawat pun akan lebih tepat. Dalam hal ini, Finnair bisa merampingkan biaya operasional mereka saat pesawat dalam proses perjalanan.

Sampai saat ini, maskapai ini telah menjawab perkiraan dari European Aviation Safety Agency yang dibuat delapan tahun lalu. Finnair telah memulai percobaannya dengan menimbang 180 penumpang selama periode dua hari, dan kemudian berharap untuk memperpanjang studi sampai musim semi tahun depan.

Dalam percobaannya itu, Finnair ingin menimbang setidaknya 2.000 penumpang dari tahun 2017 hingga 2018 secara sukarela. Penimbangan itu untuk mendapatkan data dari rute yang berbeda dan musim yang berbeda.

"Finnair sedang melakukan penelitian untuk menentukan apakah kita memiliki data akurat mengenai bobot standar penumpang. Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki data terbaik yang bisa digunakan dalam perhitungan antara kinerja pesawat terbang dan muatannya," kata Paivyt Tallqvist, Direktur Komunikasi Finnair.

Menurut bos Finnair, berat penumpang mereka berubah dalam jumlah besar antara musim panas dan musim dingin, Hal itu dikarenakan perbedaan temperatur yang ekstrem.

Menurut data statistik dari European Aviation Safety Agency, rata-rata berat badan penumpang pria adalah 83 kilogram dengan barang bawaan seberat 6 kilogram. Lalu, berat rata-rata penumpang wanita adalah 63 kilogram dengan barang bawaan seberat 69 kilogram.

Namun, rata-rata berat pria Finlandia itu seberat 82 kilogram dan rata-rata wanitanya seberat 69 kilogram. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!