Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Nov 2017 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sumba Itu Cantik, Tapi...

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: (Thinkstock)
Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Sumba di NTT terkenal dengan alam dan budaya yang eksotis. Sayangnya, promosi dan infrastruktur di sana masih kurang.

Sebagai sarana promosi dan demi meningkatkan kunjungan wisatawan di Pulau Sumba, event Indonesia Adventure Festival (IAF) dengan tema 'Jelajah Tanahumba 2017' kembali digelar di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Peserta dari berbagai negara akan menjelajah 24 lokasi wisata di Pulau Sumba selama 6 hari, pada 14-19 November 2017.

Pada jumpa pers hari ini (07/11/217) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Bupati Sumba Timur Gidion Mbiliyora mengatakan, Sumba yang terdiri dari 4 kabupaten, yaitu tengah, barat, timur, dan barat daya memiliki ciri khas daerahnya masing- masing. Tentu sangat menggoda wisatawan.

Keindahan alam Danau Weekuri, Pantai Ratenggaro, Bukit Wairinding, dan Pantai Nihiwatu merupakan beberapa destinasi populer di Sumba. Selain itu juga ada wisata budaya yang tak kalah menarik, seperti Kampung Adat Tarung, Kampung Adat Praiyawang, dan Kampung Raja.

Sayang sekali, pembangunan infrastruktur ke destinasi-destinasi di atas banyak masih terbilang kurang. Promosinya pun belum gencar dilakukan.

"Support kementerian terutama pembangunan infrastruktur (masih kurang-red). Jalan- jalan ke tempat wisata masih kurang bagus. Promosi juga belum maksimal," ujar Gidion Mbiliyora.

Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni pun menambahkan, semua potensi yang ada tidak hanya dapat meningkatkan kunjungan wisata. Namun, sekaligus membuka peluang untuk berkembangnya sektor MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions) di Sumba.

"Sekarang ini investor asing sudah mulai masuk dan resor berbintang sudah mulai dibangun. Makanya jangan Bali lagi, Jogja lagi yang diperhatikan. Harapan kami, pemerintah pusat turut membantu pembangunan infrastruktur. Sehingga mempermudah akses ke destinasi wisata yang ada di Sumba," lanjut Marten Ngailu Toni. (aff/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.