Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Des 2017 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Buang Sampah di Pulau 'Perawan' Aceh Ini, Siap-siap Kena Sanksi

Agus Setyadi
detikTravel
Aksi bersih-bersih di Pulau Banyak (Dok. Pemuda Pulau Banyak)
Aksi bersih-bersih di Pulau Banyak (Dok. Pemuda Pulau Banyak)
Jakarta - Destinasi wisata Pulau Banyak, Aceh Singkil ibarat perawan di ujung barat Indonesia. Keindahannya yang alami perlu dirawat untuk menarik wisatawan dan perlu sanksi tegas jika ada yang membuang sampah sembarangan.

Seorang Pemuda Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Yudi Handika mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan untuk membantu dan mengembangkan daerah wisata lewat aksi bersih. Hal ini agar tercipta kesadaran masyarakat maupun wisatawan untuk menjaga kebersihan.

"Jika wisatawan kedapatan buang sampah ke laut, kami siap menegur sampai dengan memberikan sanksi bila wisatawan tak menjaga kebersihan laut dan pulau," ungkap Yudi dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Kamis (7/12/2017).

Lokasi yang dijadikan tempat hilir mudik wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Banyak dibersihkan. Para pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata Pulau Banyak turun tangan memungut sampah-sampah berserakan.

Buang Sampah di Pulau 'Perawan' Aceh, Siap-siap Kena SanksiFoto: (Dok. Pemuda Pulau Banyak)


Sosialisasi dan aksi bebas sampah ini dilakukan untuk menyambut datangnya wisatawan. Mereka memprediksi jumlah turis yang melancong ke Pulau Banyak pada Desember akan meningkat.

"Dengan datangnya libur panjang wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang ke Pulau Banyak untuk menikmati keindahan tempat wisata yang berada di kecamatan Pulau Banyak ini. Makanya kami dari masyarakat sudah siap menyambut hal itu," kata Yudi.

Pemuda setempat tergerak hatinya untuk membersihkan lokasi-lokasi objek wisata. Pasalnya, kondisi sampah di sana sudah sangat memprihatinkan.

"Kalau bukan kita yang bersihkan siapa lagi, aksi ini sebagai wujud nyata dari pemuda sadar wisata," jelas Yudi. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED