Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Des 2017 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pelesir ke Jantung Sungai Citarum, Ada Adabnya Lho!

Wisma Putra
Redaksi Travel
Aturan yang harus dipatuhi setiap pengunjugn (Wisma Putra/detikTravel)
Aturan yang harus dipatuhi setiap pengunjugn (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Ada adab jika traveler pelesir ke jantung Sungai Citarum. Menjadi pusat aliran sungai terbesar di Jawa Barat, menjaga kebersihannya adalah yang paling utama.

Titik 0 Citarum adalah Situ Cisanti yang terletak di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tetap menjaga lingkungan sekitar Hulu Sungai Citarum akan menjadi berkah bagi anak cucu kita selanjutnya.

Salah satu yang turut memberi contoh untuk menjaga kelestarian hulu Sungai Citarum adalah Kodam III Siliwangi. Para anggota TNI ini menanam tumbuhan vetiver di sekitar Situ Cisanti.

Tanaman vetiver amat berguna dan memiliki fungsi untuk menahan erosi. "Sebelumnya disini banyak yang mancing, tanah yang ada dipinggir danau tergerus masuk ke danau sehingga terjadi erosi," kata Kapendam Siliwangi Letkol Desi Ariyanto, Minggu (3/12) lalu.

Suasana di Sungai CitarumSuasana di Hulu Sungai Citarum (Wisma Putra/detikTravel)

Tumbuhan semacam akar wangi itu di tanam oleh ratusan anggota TNI dipinggir Situ Cisanti. Selain itu, Kodim 0609 memasang baliho yang berisi larangan untuk melakukan aktivitas memancing di sana.

Tidak hanya itu sejumlah ratusan anggota TNI membersihkan danau dari sampah dan menanam beragam jenis pohon di kaki Gunung Wayang Windu dan wilayah Kecamatan Kertasari. Sebelumnya kawasan ini beralihfungsi menjadi lahan pertanian.

"Situ Cisanti sekarang kami tanami tanaman vetiver, tanaman ini banyak fungsinya. Memang kelihatannya kecil di atas tapi dalam waktu enam sampai tujuh bulan akarnya bisa mencapai tiga sampai empat meter bahkan lima meter," ungkapnya.

Traveler bisa berwisata dengan naik perahuTraveler bisa berwisata dengan naik perahu (Wisma Putra/detikTravel)

Jika di pantau melalui udara, pepohonan di sekitar wilayah hulu Sungai Citarum atau di Situ Cisanti sudah sangat berkurang. Pepohonan rindang hanya ada sekitas Situ Cisanti saja.

"Iya yang terlihat banyak pohon hanya di sekitar Situ Cisanti. Di belakangnya 10-20 meter sudah menjadi perkebunan," ujar Desi.

Jadi, bagi traveler yang berkunjung ke Situ Cisanti untuk tetap menjaga lingkungannya ya! Wajib!


(rdy/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
20Detik

Ada Matryoshka Jokowi di Rusia

Kamis, 19 Jul 2018 08:52 WIB

Matryoshka adalah boneka khas Rusia. Banyak tokoh yang dijadikan model boneka ini, termasuk tokoh dari Indonesia, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.