Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Des 2017 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Cara Mendapatkan Aplikasi Chattra Borobudur E-Guide

Pertiwi
detikTravel
Foto: Aplikasi Chattra Borobudur E-Guide yang bisa diakses pengunjung (Pertiwi/detikTravel)
Foto: Aplikasi Chattra Borobudur E-Guide yang bisa diakses pengunjung (Pertiwi/detikTravel)
Magelang - Candi Borobudur kini punya aplikasi panduan online untuk wisatawan. Begini cara mendapatkannya.

PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCB PRB) bekerjasama dengan perusahaan Austria, Oroundo International, menyediakan aplikasi layanan online. Tujuannya untuk mempermudah wisatawan mendapatkan informasi tentang candi Buddha terbesar di dunia itu.

"Nama aplikasi ini Chattra Borobudur E-Guide. Aplikasi ini semacam knowledge digital, dibuat supaya pelanggan bisa mengakses informasi apa pun terkait Candi Borobudur," jelas Direktur Pemasaran dan Kerjasama PT TWCB PRB, Ricky SP Siahaan, Kamis (14/12/2017).

Menurut Ricky, keberadaan aplikasi ini diharapkan dapat membuat pengunjung tersebar, tidak hanya berada di satu titik saat mengunjungi Candi Borobudur. Dia menyebutkan, cara kerja aplikasi ini sangat mudah dan bisa diterapkan oleh pengunjung mana pun.

Peluncuran aplikasi Chattra Borobudur E-Guide (Pertiwi/detikTravel)Peluncuran aplikasi Chattra Borobudur E-Guide (Pertiwi/detikTravel)
"Konten informasi yang ada di aplikasi ini didapatkan melalui studi ahli arkeologi Balai Konservasi Borobudur (BKB) dan semua referensi buku-buku, sehingga informasinya valid," ungkap Ricky.

Cara kerja aplikasi ini cukup mudah. Dimulai dengan membeli tiket di loket masuk Candi Borobudur yang akan dilanjutkan dengan pemberian voucher Cultural Places berisi nomor ID. Di loket, pastikan ponsel terhubung dengan WiFi 'Cultural Places'.

Kemudian download dan install aplikasi "Cultural Places" di smartphone. Buka aplikasi, pastikan GPS dan bluetooth di ponsel sudah aktif. Terakhir, login menggunakan akun Facebook atau Google yang dimiliki pengunjung.

"Pengguna bisa mengatur bahasa sesuai yang dikehendaki. Sementara ini memang baru tersedia tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Ke depan, akan dilengkapi menjadi 15 bahasa," terang Ricky.

Setelah berhasil mengakses aplikasi ini, pengunjung bisa memilih tur yang diinginkan selama berada di Candi Borobudur. Selamat menjelajah Candi Borobudur! (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED