Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jan 2018 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu Cheerleaders Korea Utara Secantik Ini?

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Para cheerleader Korea Utara yang cantik dan manis (AFP)
Para cheerleader Korea Utara yang cantik dan manis (AFP)
Pyongyang - Korea Utara identik sebagai negara komunis yang tertutup. Namun di samping tentaranya yang sangar, Korea Utara juga punya pasukan cheerleader cantik.

Perlahan, Korea Utara mulai membuka diri pada wisatawan dan dunia. Selain membuka diri lewat sejumlah event dan paket wisata, yang terbaru Korea Utara juga menghadirkan satu kelompok cheerleaser wanita layaknya idol Jepang.

Dilansir detikTravel dari AFP, Kamis (11/1/2018), hadirnya cheerleader Korea Utara itu pun didapuk sebagai perwakilan sang negara Komunis pada event Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Tidak jauh beda dengan idol group pada umumnyaTidak jauh beda dengan idol group pada umumnya (AFP)

Layaknya kelompok idol, para anggota cheerleader Korea Utara terdiri dari gadis remaja yang berumur belasan hingga awal 20-an. Selain umur, wajah dan fisik yang attraktif juga menjadi persyaratan.

"Mereka harus memiliki tinggi di atas 163 cm dan datang dari keluarga baik-baik. Gadis yang bisa memainkan instrumen adalah anggota band atau pelajar dari kampus elit Kim Il-Sung," ujar peneliti World Institute yang khusus membahas Korea Utara, An Chan-Il.

Diketahui, para anggota cheerleader dipilih langsung oleh Pyongyang dan dikontrol secara khusus. Gerakan mereka pun juga sepenuhnya dikontrol oleh Korea Utara.

Mereka pertama kali muncul pada Asian Games di Busan tahun 2002 (Dong-A Ilbo/AFP)Mereka pertama kali muncul pada Asian Games di Busan tahun 2002 (Dong-A Ilbo/AFP)

Para cheerleader ini pun pertama kali muncul pada event Asian Games di Busan tahun 2002. Saat itu, sekitar 300 anggotanya datang dari atas kapal feri dalam balutan pakaian tradisional hanbok khas Korea Utara yang warna-warni.

Entah ada motif rahasia apa dibalik keikutsertaan Korea Utara pada event Olimpiade Musim Dingin bulan depan. Terlebih lagi, eventnya diadakan di Korea Selatan yang menjadi rival utama Korea Utara. Namun, cheerleadernya memang cantik dan manis sih. (msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED