Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jan 2018 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Inikah Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Kunlong, pesawat amfibi terbesar di dunia (Reuters)
Foto: Kunlong, pesawat amfibi terbesar di dunia (Reuters)
Zhuhai - China berhasil membuat pesawat amfibi terbesar di dunia. Panjang sayapnya 38 meter, dan bisa membawa 50 orang penumpang. Pesawat ini sudah sukses diuji coba.

China memang berambisi jadi negara terdepan dalam setiap hal. Dalam industri penerbangan, China pun sukses menciptakan pesawat amfibi yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia.

Pesawat AG600 produksi China yang diberi nama 'Kunlong' ini pun berhasil diuji coba pada bulan Desember lalu. Dilansir detikTravel dari Xinhua, Selasa (16/1/2018), pesawat ini sukses mengudara selama kurang lebih 1 jam di atas langit Kota Zhuhai, China.

'Kunlong' sendiri memiliki panjang bentang sayap 38,8 meter. Pesawat amfibi ini ditenagai oleh 4 mesin turbo propeler yang menempel di bagian sayapnya. Pesawat ini pun mampu membawa hingga 50 orang penumpang, serta bisa mengudara selama 12 jam non stop.

Inilah Kunlong, pesawat amfibi terbesar di dunia (Reuters)Inilah Kunlong, pesawat amfibi terbesar di dunia (Reuters)

"Penerbangan perdana ini membuat China termasuk dalam negara yang bisa mengembangkan pesawat amfibi berukuran besar," ujar Huang Ling Cai, kepala desainer pesawat ini kepada Xinhua.

Pesawat AG600 ini berukuran hampir sebesar Boeing 737. Pesawat ini bahkan bisa mengangkut 12 metrik ton air hanya dalam waktu 20 detik untuk keperluan pemadaman kebakaran hutan.

Lebih kerennya lagi 98% komponen pesawat ini diproduksi sendiri di dalam China. Istilah kerennya: 'Karya Anak Bangsa'.

'Kunlong' rencananya akan digunakan untuk keperluan militer, tetapi aplikasinya juga bisa digunakan untuk pemadaman kebakaran hutan, serta misi penyelamatan di laut. Ke depannya, mungkin bisa juga untuk berwisata.

Dengan kemampuan bisa mendarat di 2 medan (daratan dan lautan), pesawat amfibi seperti ini sangat cocok digunakan di negara kepulauan seperti Indonesia. Jadi, kapan Indonesia bisa membuat pesawat amfibi seperti China? (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED