Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jan 2018 08:10 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Booking Online, Ini Tata Cara Mendaki Gunung Rinjani

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Ilustrasi Gunung Rinjani (andikset/dTraveler)
Ilustrasi Gunung Rinjani (andikset/d'Traveler)
Jakarta - Beberapa gunung di Jawa sudah memberlakukan sistem booking online dalam pembelian tiket. Sistem online itu pun juga diikuti oleh pengelola Gunung Rinjani.

Pada tahun ini pihak TNGR mulai memberlakukan booking online, yakni berlaku 1 April 2018. Pada tanggal itu bersamaan dengan pembukaan tahunan jalur pendakian Gunung Rinjani.

"Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup mulai 1 Januari-31 Maret 2018. Setelah dibuka kembali maka kami siap dengan sistem booking online," kata Kepala Balai TNGR, Agus Budi Santosa dalam sambungan telepon, Rabu (17/1/2018).

Saat booking tiket online traveler bisa memesan via website erinjani.net. Namun, agar lebih mudah, dari redaksi menyarankan traveler untuk mendownload aplikasi android.

Contoh proses booking (dok. detikTravel) Contoh proses booking (dok. detikTravel)

Contoh proses pemesanan yang berhasil (dok detikTravel)Contoh proses pemesanan yang berhasil (dok detikTravel)

Jika traveler sudah mendownloadnya, hal pertama adalah mendaftar dan membuat akun dari aplikasi eRinjani dengan mengisi biodata diri lengkap. Lalu, setelah berhasil, traveler bisa memesan tiketnya.

Setelah memesan tiket, traveler bisa melihat pemesanan di panel My Booking. Namun ada hal-hal yang harus diingat, yakni ada batasan waktu saat pemesanan ini karena harus transfer uang melalui bank dengan kode tertentu agar tidak hangus dan mengulang pemesanan.

Menilik harga tiket yang dikenakan bagi pendaki dalam negeri dan luar pun berbeda. Perbedaannya cukup jauh, yakni bagi wisatawan dalam negeri sebesar Rp 5 ribu dan asing Rp 150 ribu, juga dapat naik saat weekend atau hari libur sebesar 150%.

Bagi traveler yang mendaki Gunung Rinjani dapat memulai pendakian dari beberapa jalur resmi, yakni dari pintu Sembalun, Senaru, Aik Berik, dan Timbanuh. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED