Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jan 2018 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

10 Festival yang Mesti Kamu Datangi Tahun Ini

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: (dok detikTravel)
Foto: (dok detikTravel)
Jakarta - Kementerian Pariwisata telah menetapkan 100 event wisata tahun 2018. Antara lain, ada 10 festival seru yang bisa jadi rekomendasi tujuan liburan kamu.

Dari Sabang sampai Merauke, hampir setiap provinsi di Indonesia saling lomba untuk menghadirkan festival keren yang bisa menarik wisatawan.

Dirangkum oleh detikTravel dari data100 Wonderful Event Indonesia 2018, Kamis (18/1/2018) berikut 10 festival wisata di Nusantara beserta estimasi waktu pelaksanaanya:

1. 5-10 Maret 2018, Festival Komodo, NTT

Fetival ini akan diisi oleh sejumlah kegiatan seperti pentas seni budaya yang menampilkan tarian tradisional dan modifikasi dari semua kecamatan yang ada di Manggarai Barat dan karnaval budaya. Selain itu juga ada kegiatan penanaman pohon, lomba bola voli pantai dan berbagai kegiatan lainnya.

2. 9-11 April 2018, Festival Tambora, NTB

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015 untuk memperingati 200 tahun
ledakan Tambora tahun 1815. Tahun ini festival dihelatkan di Sabana Ndoro Canga dan disertai perlombaan maraton ekstrem hingga peziarahan budaya Tambora.

3. 3-5 Mei 2018, Festival Teluk Jailolo, Maluku Utara

Festival ini menawarkan keindahan alam, aneka kuliner Halmahera Barat, Potensi bawah laut, adat istiadat dan keragaman budayanya. Festival terdiri
dari beberapa rangkaian, yaitu Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, pagelaran seni, gelar kuliner makanan khas Halmahera Barat dan pameran.

4. 19-23 Juni 2018, Festival Pesona Budaya Asmat, Papua

Festival Budaya Asmat merupakan pameran ukiran seni patung karya Suku Asmat di Papua. Acara ini juga menampilkan atraksi tarian dan lagu yang dibawakan oleh kelompok penari tifa dari ratusan kampung. Pada puncak pesta budaya Asmat, selalu digelar lelang dua ratusan ukiran Asmat bernilai tinggi yang merupakan ukiran terbaik hasil seleksi panitia.

5. 21-29 Juli 2018, Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival, Kaltim

Erau merupakan upacara adat warisan tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Erau berasal dari kata 'Eroh' yang berarti ramai, riuh dan penuh sukacita. Semula upacara adat ini dilakukan untuk prosesi Tijak Tanah Aji Batara Agung Dewa Sakti (Raja Pertama Kerajaan Kutai), kemudian Upacara Adat Erau dilakukan pada saat penobatan Raja/Sultan dan putra mahkota, ulang tahun Sultan serta acara - acara lainnya yang dilaksanakan atas titah Sultan.

6. 3-5 Agustus 2018, Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival merupakan acara tahunan khas Dataran Tinggi Dieng yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya dengan inti acara pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Festival budaya ini juga dimeriahkan dengan acara jazz di atas awan, pesta lampion dan kembang api, festival film dan lain-lain.

7. 8-10 Agustus 2018, Festival Lembah Baliem, Papua

Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antar suku Dani, Lani dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antar suku dan telah berlangsung turun
temurun. Kini, tarian perang itu menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan.

8. 6-7 Oktober 2018, Kustomfest, Yogyakarta

Kustomfest adalah sebuah event kompetisi motor kustom dan pameran kustom terbesar di Indonesia. Hadir juga kolaborasi pertunjukan dari berbagai jenis karya kustom Indonesia antara lain: motor kustom, mobil hot rod, sepeda, seni dan budaya, entertainment dan vendor. Kustomfest diselenggarakan sebagai acara tahunan setiap minggu pertama bulan Oktober di Yogyakarta.

9. 18-21 Oktober 2018, Festival Pesona Raja Ampat

Festival bahari yang berbasis maritim dan keragaman budaya ini menjadi wahana pelestarian seni budaya masyarakat dan pelestarian alam yang menjadi ikon Raja Empat. Anda dapat bergabung dengan ribuan warga lokal untuk menikmati banyak atraksi seru seperti aneka lomba.

Ada pentas seni dan tari, pameran, serta hiburan rakyat. Sejumlah kegiatan pendukung juga digelar seperti lomba foto bawah laut, scuba diving, lomba bahari, wisata kuliner, lomba seni kerajinan tangan, paket wisata alam dan foto lomba jurnalistik. Festival ini rutin digelar di Pantai Waisai Torang Cinta.

10. 5-8 Desember 2018, Festival Danau Toba

Festival Danau Toba merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga. Cikal bakal event ini adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun 1980-an dan berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba, lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba.

Biar lebih jelasnya, ayo simak infografis berikut ini:

(dok detikTravel)(dok detikTravel)


(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED