Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jan 2018 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Lihat Gerhana Bulan? Ini 4 Tempatnya di Jakarta

Ilustrasi Super Blue Blood Moon (Soft News)
Jakarta - Tepat tanggal 31 Januari 2018 besok, akan terjadi fenomena Gerhana Bulan langka. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, bisa melihatnya dari 4 tempat ini.

Bagi traveler yang belum tahu, gerhana besok begitu istimewa karena terjadi pada saat bulan dekat dengan bumi, sehingga disebut juga gerhana Supermoon, tapi bisa juga disebut Blood Moon karena tampak seperti merah darah.

Secara teknis, Gerhana Bulan akan dimulai pukul 18:48 WIB, Indonesia Tengah ke bagian pukul 19:48 WITA, dan Indonesia Timur pada pukul 20:48 WIT.

Di kalangan pecinta astronomi dan fotografi, peristiwa Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon besok tentunya sayang untuk dilewatkan. Dihimpun detikTravel, Selasa (30/1/2018) traveler yang berdomisili di Jakarta bisa melihatnya dari 4 tempat ini.

Planetarium Jakarta Planetarium Jakarta (Afif/detikTravel)

1. Planetarium Jakarta

Tempat pertama yang bisa dikunjungi traveler untuk melihat gerhana adalah Planetarium Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Seperti diketahui, Planetarium Jakarta menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat proses astronomi d ibukota.

Dihubungi detikTravel via sambungan telepon, Eko Wahyu Wibowo selaku Kepala Bagian Pusat Observatorium dan Planetarium Jakarta mengajak siapa pun untuk melihat proses gerhana besok.

"Acara besok akan dimulai pukul 17.00 WIB, sebelumnya kita akan adakan Sholat gerhana dulu. Pada prinsipnya datang saja," ujar Eko.

Menariknya lagi, pihak Planetarium Jakarta juga tidak menarik biaya bagi siapa pun yang ingin datang melihat gerhana.

"Gratis, kita tidak ada biaya," tutup Eko.

Mau Lihat Gerhana Besok? Ini 4 Tempatnya di JakartaPerkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (Rima Olyvia/detikcom)

2. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Tempat berikutnya yang bisa dikunjungi untuk melihat gerhana adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau disingkat PBB Setu Babakan.

Di tempat ini, traveler tidak hanya bisa melihat gerhana tapi juga kuliner Betawi yang dikemas dalam acara bazaar. Sebelumnya bahkan ada acara khotbah lebih dulu.

"Kita tempat sudah siap di amphitheater, tapi masalahnya di kesiapan alat. Ada juga rencana nanti kita lihat dari web NASA dan lihat bareng dari layar besar," ujar Kepala UPK PBB Setu Babakan, Rofiqoh Mustafa saat dihubungi detikTravel.

Untuk estimasi waktu, acara di PBB Setu Babakan akan dimulai dari pukul 17.00-21.00 WIB.

"kita nonton diperkirakan dari pukul 17.00 sampai 21.00 WIB. Acaranya gratis," tutup Rofiqoh.

Taman FatahillahTaman Fatahillah (Rudi Chandra/d'traveler)

3. Taman Fatahillah

Bagi traveler yang tinggal di Jakarta Pusat, Taman Fatahillah di Kota Tua juga bisa jadi pilihan untuk melihat gerhana. Besok, akan ada acara nonton gerhana bareng di depan Museum Sejarah Jakarta.

"Besok kita mau bikin nonton bersama di depan Museum Sejarah Jakarta, mungkn ada satu yang memberikan informasi dri komunitas astronomi, namanya Odong-odong Astronomi Club, mereka punya 1 teleskop besar," ujar Kepala Unit Pengelola Kota Tua, Norviyadi Setyohusodo saat dihubungi detikTravel.

Nantinya akan ada tiga teleskop yang bisa digunakan oleh pengunjung, di mana salah satu teleskopnya akan tersambung dengan layar lebar.

"Acaranya mulai dari 18.30-21.30 WIB. Gratis, silakan datang!" ajak Norviyadi.

Mau Lihat Gerhana Besok? Ini 4 Tempatnya di JakartaJembatan Le Bridge di Taman Impian Jaya Ancol (Iko Paundralingga/Youtube)

4. Taman Impian Jaya Ancol

Dari rilis yang diterima detikTravel, Taman Impian Jaya Ancol mengajak pengunjung untuk bersama-sama menyaksikan fenomena langka tersebut dari tepi pantai.

Rencananya Ancol juga akan mengundang narasumber yang dapat memberikan edukasi kepada traveler yang akan melakukan pengamatan fenomena tersebut.

"Kami menyambut baik himbauan Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang menyebut kawasan wisata sebagai lokasi untuk masyarakat Jakarta menyaksikan fenomena alam Supermoon" ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.

Untuk menyambut kunjungan masyarakat tersebut, Pengelola Ancol menyiapkan titik kumpul di Jembatan Cinta (Le Bridge) yang berlokasi di Pantai Timur Ancol.

Bagaimana cara untuk melihat Supermoon di Ancol? Gampang kok, pengunjung cukup membayar tiket gerbang Ancol dan bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat mengunjungi Pantai Ancol secara gratis pada malam tersebut.

Selain ke empat tempat di atas, sebenarnya traveler juga bisa menonton gerhana dari Monas, Taman Mini Indonesia Indah dan Kepulauan Seribu sesuai dengan edaran yang beredar.

Namun untuk detilnya, detikTravel masih belum bisa menghubungi pengelola dari tempat wisata terkait. Yuk kita nonton gerhana besok!


Besok sekitar 4.000 wisatawan akan nonton gerhana bulan di Planetarium Jakarta. Tonton videonya:
[Gambas:Video 20detik] (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA