Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Jan 2018 13:59 WIB

TRAVEL NEWS

Turis di Aneka Negara Ini Bisa Liburan Sambil Lihat Super Blue Blood Moon

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Alur peta gerhana bulan 31 Januari 2018 (NASA)
Jakarta - Gerhana bulan super langka yang disebut Super Blue Blood Moon akan terjadi pada 31 Januari 2018 malam. Traveler di Indonesia bukan satu-satunya yang beruntung.

Tidak semua negara kebagian melihat Super Blue Blood Moon secara utuh. Ada yang cuma kebagian separuh, atau tidak kebagian sama sekali. Nah, Indonesia adalah negara yang beruntung kebagian secara utuh.

Namun Indonesia tidak sendirian. Dikutip detikTravel dari situs resmi NASA, Rabu (31/1/2018) ada sejumlah negara lain yang secara utuh kebagian Super Blue Blood Moon.

Artinya, para traveler yang sedang berada di sana, bisa menyaksikan momen langka 150 tahun sekali ini. Asyik banget!

NASA sudah merilis peta pergerakan Super Blue Blood Moon. Area yang berwarna hitam adalah wilayah yang bisa melihat seluruh fase gerhana dengan sempurna, termasuk gerhana total.

Negara itu adalah kawasan Pasifik, Selandia Baru dan Australia, Timor Leste dan Papua Nugini, Indonesia dan seluruh kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, India dan Asia Selatan, sebagian besar Rusia, sebagian Timur Tengah, Kanada dan sebagian Amerika Serikat.

Nah, ada juga yang tidak kebagian Super Blue Blood Moon yaitu Eropa Barat, sebagian besar Afrika dan Amerika Latin. Traveler yang lagi ada di kawasan itu sabar-sabar saja ya. Belum jodoh namanya.

Di Indonesia, menurut BMKG, Super Blue Blood Moon akan dimulai pukul 17.49 WIB, gerhana sebagian dimulai pukul 19.48 WIB, gerhana total mulai pukul 19.51-21.08 WIB, gerhana sebagian berakhir 21.11 WIB, dan seluruh proses gerhana berakhir 23.09 WIB. Yuk, siap-siap menonton! (fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA