Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Jan 2018 21:59 WIB

TRAVEL NEWS

Diskusi BMKG Bikin Pengamatan Gerhana di Ancol Makin Seru

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Diskusi BMKG di Ancol (Syanti Mustika/detikTravel)
Diskusi BMKG di Ancol (Syanti Mustika/detikTravel)
Jakarta - Acara menonton gerhana bulan total di Ancol, diselingi dengan diskusi dari BMKG. Seru dan tambah ilmu.

Menyambut momen langka, Super Blue Blood Moon, Ancol bersama BMKG mengadakan diskusi dan pemberian edukasi untuk wisatawan pengunjung. Ancol juga menyediakan dua teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat gerhana. Diskusi gerhana ini berlangsung di Dermaga Hati, Pantai Beach Pool Ancol.

Pantauan detikTravel, Rabu (31/1/2018) acara diskusi ini juga dihadiri oleh para pelajar Sekolah Rakyat Ancol, sekolah binaan dari Taman Impian Jaya Ancol. Acara juga dihadiri para petinggi Ancol dan BMKG. Sebelum diskusi para pelajar melakukan salat Isya berjamaah.

"Ada tiga macam gerhana bulan yaitu gerhana bulan purnama, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan total. Dan yang sekarang kita lihat adalah gerhana bulan total," jelas Rukman Nugraha, peneliti astronomi BMKG.

Diskusi BMKG Bikin Pengamatan Gerhana di Ancol Makin SeruPara pelajar antusias menyimak diskusi (Syanti Mustika/detikTravel)
Rukman pun menjelaskan bagaimana fenomena gerhana terjadi. Para pelajar dan pengunjung mendengarkan dengan seksama.

"Ketika gerhana bulan kenapa berwarna merah? Karena cahaya matahari dibiaskan oleh atmosfir bumi sehingga ketika kita melihat bulan, bulan berwarna merah," jelas Rukman.

Diskusi juga diiringi kuis-kuis untuk para pelajar. Sesi ini pun berlangsung meriah. Para pengunjung juga mendengarkan dengan seksama sembari melihat ke arah langit. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED