Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Feb 2018 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Meriah! Banyuwangi Akan Hadirkan 77 Event Wisata Tahun 2018

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Peluncuran Kalender Event Wisata Banyuwangi 2018 (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Kalender event Kabupaten Banyuwangi diluncurkan di Kementerian Pariwisata hari ini. Untuk tahun 2018, akan ada 77 event wisata di Banyuwangi.

Sebanyak 77 event sudah disiapkan dalam Banyuwangi Indonesia Festival 2018. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kinerja dari Bupati Abdullah Azwar Anas dan jajarannya yang datang langsung hari ini.

"Menetapkan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik di Indonesia. Terpilih dengan 77 event. Per minggu ada 1 event," kata Arief di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenpar, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Menurut Menpar Arief akan ada impact langsung dan tidak langsung dalam membuat sebuah event. Maka dari itu setiap event akan dihitung nilai penyelenggaraannya.

"Apakah pendapatannya naik juga kebahagiannya. Karena semacam ini culture industry. Itu nilainya tinggi. Saya meyakini Indonesia bisa memenangkan culture industri. Pertanian tetap kalah dengan tetangga. Industri susah menang dengan China," jelas pria yang juga kelahiran Banyuwangi itu.

Menpar Arief Yahya dalam pidato sambutannya (Masaul/detikTravel)Menpar Arief Yahya dalam pidato sambutannya (Masaul/detikTravel)

Oleh karenanya, pihaknya harus memikirkan lebih jauh apa yang harus dilakukan. Mengevaluasi soal atraksi sudah tidak menjadi masalah, lalu atraksi juga sangat bagus.

"Dan aksesnya, kalau Bandara Ngurah Rai tutup kita lari ke Banyuwangi dan Lombok. Paling mungkin Banyuwangi dibangun bandara internasional. Penginapan tidak ada masalah. Jadi semua tingkat dunia," urai Arief.

Terakhir, Menpar Arief menyebut kelas pariwisata Banyuwangi sudah berkelas nasional. Eventnya pun sudah paling banyak diambil Kemenpar dari Top 100 National Event.

"Kita ambil itu ada Festival Gandrung, Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival. Selamat Banyuwangi Indonesia Festival 2018 dengan ini saya luncurkan," tutup Arief. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA