Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Feb 2018 19:36 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin Sriwijaya Berjaya, 3 Dermaga Wisata Dibangun di Palembang

Raja Adil Siregar
Redaksi Travel
Foto: Dermaga Benteng Kuto Besak di tepian Sungai Musi (Raja Adil/detikTravel)
Foto: Dermaga Benteng Kuto Besak di tepian Sungai Musi (Raja Adil/detikTravel)
Palembang - Pemkot Palembang berencana membangun 3 dermaga wisata baru di perairan Sungai Musi. Ini untuk mengembalikan kejayaan seperti di zaman Kerajaan Sriwijaya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan dermaga wisata di perairan sungai Musi memang sudah sangat dibutuhkan. Selain Sungai Musi dikenal sebagai icon kota, Palembang juga memiliki banyak destinasi wisata disepanjang aliran sungai Musi.

"Kita bisa hitung berapa destinasi wisata yang ada di sepanjang tepian sungai Musi, mulai dari Pulau Kemaro, Benteng Kuto Besak, sungai Sekanak, Kampung arab Al-Munawar dan masih banyak lagi. Semua pasti membutuhkan dermaga untuk berhentinya kapal-kapal besar dan kapal wisata air," kata Harnojoyo kepada detikTravel, Kamis (8/2/2018).

Selain memiliki banyak aset wisata di tepian Sungai Musi, masyarakat yang datang dari luar daerah juga diketahui masih mengandalkan transportasi air. Hal ini tentu sama persis seperti pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Ingin Sriwijaya Berjaya, 3 Dermaga Wisata Dibangun di PalembangFoto: Raja Adil Siregar/detikTravel


Untuk itu, Pemkot akan mengembalikan masa kejayaan tersebut melalui aset dan dermaga wisata di tiga lokasi. Ketiga lokasi itu antara lain, dermaga Benteng Kuto Besak (BKB), Kampung arab Al-Munawar dan Pulo Kemaro.

"Kalau melihat balik pada masa Kerajaan Sriwijaya, sungai Musi memang menjadi jalur transportasi utama. Bahkan sampai saat ini masih diikuti oleh masyarakat, baik untuk urusan perdagangan, wisata dan transportasi umum, itulah yang akan kita kembalikan lagi," sambungnya.

Pertimbangan lain yakni, dalam waktu dekat Pemkot Palembang juga akan menerima hibah 5 bus wisata air dari Kementerian Perhubungan. Bus wisata air itu akan mulai beroperasi saat Asian Games dan menghubungkan setiap destinasi wisata yang ada.

Ingin Sriwijaya Berjaya, 3 Dermaga Wisata Dibangun di PalembangFoto: Raja Adil Siregar/detikTravel


Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan dalam pembangunan tiga dermaga pada tahun ini, Pemkot akan merogoh dana sebesar Rp 3 miliar. Dana ini untuk melengkapi fasilitas dermaga mulai dari kursi tunggu penumpang, toilet dan fasilitas pendukung lainnya.

"Untuk di Palembang sebenarnya sudah ada sekitar delapan dermaga, tetapi itu bukan standar dermaga wisata karena hanya bisa menampung speedboat dan perahu kecil saja. Sedangkan untuk tiga dermaga baru yang akan dibangun, kita sudah sediakan sekitar Rp 3 miliar," kata Isnaini. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED