Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Feb 2018 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Salut! Pria Ini Bersihkan Sampah Botol Isi Air Kencing di Gunung

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Sampah botol di gunung (iwan_degleng/Instagram)
Jakarta - Masih banyak pendaki yang patuh untuk tak buang sampah sembarangan di gunung. Seperti pria ini, yang bahkan tak jarang bersihkan sampah gunung dengan suka rela.

Baru-baru ini viral foto dan video seorang pendaki yang membersihkan botol-botol berisi air seni yang ditinggal begitu saja di gunung. Pria tersebut bernama Iwan, dengan akun Instagram @iwan_degleng.

Dilihat detikTravel dari akun Instagramnya, Selasa (27/2/2018), Iwan mengunggah video yang menampilkan begitu banyaknya sampah botol yang dibuang sembarangan di sebuah gunung di Indonesia.

"Bukan bir, apalagi minuman bersoda, ini adalah air kencing manusia yang dimasukin ke botol dan nyampai berbulan bulan sampah nggak dibawa turun, baunya nyengat. Tolonglah kita jaga bersama alam kita, tempat ngopi kita. Sayang nama pendaki kalau kelakuan masih seperti ini," ujarnya dalam video tersebut.

di samping foto keren di gunung masih banyak yg nggk peduli tentang alam kita, yg seharusnya kita jaga bersama. seperti menjaga doi #eaaak apa yg kau cari? cuma foto keren? biar di repost sama admin dan nambah followers? naik gunung nggk sebercanda itu.😤 yaaaa kalau masih mau seenaknya sendiri mendingan dirumah aja dan ngumpet di ketiak ibu. jangan mau enaknya doang, kasian nama pendaki klo kelakuan masih begitu. . 📍. di gunung . @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #muncakid #urbanhikers

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on Feb 21, 2018 at 3:44am PST



Dalam video yang diunggah hari Rabu (21/2) itu, Iwan memperlihatkan tumpukan botol bekas yang masih banyak terisi air kencing. Ia lalu mengeluarkan cairan kuning pekat bahkan sudah mulai terlihat coklat berbusa itu dari dalam botol-botol.

"Di samping foto keren di gunung masih banyak yang nggak peduli tentang alam kita, yang seharusnya kita jaga bersama," tulisnya di caption.

Video ini telah ditonton lebih dari 500 kali dan mendapat berbagai komentar. Banyak yang prihatin melihat masih banyak pendaki yang tak bertanggung jawab membuang sampah masing-masing.

Dalam unggahan lainnya, Iwan juga upload foto tumpukan botol yang berisi air seni. Ia bersama teman-temannya mengumpulkan sampah yang banyak tersebut untuk dibawa turun. Di buang ke tempat sampah yang semestinya.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama," katanya dalam caption foto tersebut.

Netizen pun mendukung aksi bersih-bersih yang dilakukan Iwan. Tak sedikit yang menyampaikan dukungan lewat kolom komentar.

"Luar biasaaa. Semoga terbalaskan dengan berkah bro," tulis @hardia***ahdharma.

"Semangat bang.. Semoga mereka sadar akan pentingnya alam yang harus dijaga," kata @eko***setyo019.

detikTravel telah mencoba menghubungi Iwan untuk mencari tahu lebih jauh soal aksi sosialnya ini, namun belum ada respons. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA