Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Feb 2018 18:22 WIB

TRAVEL NEWS

Barisan Wanita Pembawa Naga di Cap Go Meh Singkawang 2018

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Para penampil naga pink yang terdiri dari perempuan (Johanes Randy/detikTravel)
Foto: Para penampil naga pink yang terdiri dari perempuan (Johanes Randy/detikTravel)
Singkawang - Umumnya pawai naga atau liong didominasi oleh kaum adam. Namun pada Cap Go Meh Singkawang tahun ini, ada naga pink yang dibawa oleh para wanita.

Keberadaan mereka pun mencuri perhatian detikTravel yang tengah berkunjung ke Singkawang dalam rangka Festival Imlek dan Cap Go Meh 2018 di Singkawang, Rabu (28/2/2018).

Dilihat detikTravel usai penyerahan piagam MURI 9 Replika Naga di STIE Mulia Singkawang, ternyata naga pink itu merupakan salah satu properti replika naga Santo Yosep Singkawang Group yang dipegang oleh para wanita cantik.

Replika naga pink milik Santo Yosep Singkawang GroupReplika naga pink milik Santo Yosep Singkawang Group Foto: Johanes Randy/detikTravel


Penasaran, detikTravel pun bertanya pada salah satu 'pemegang' naga yang akrab disapa Aeng. Dijelaskan olehnya, kalau naga pink itu akan ditampilkan olehnya dan para rekan yang berjumlah hingga 30 orang.

"Iya ini punya kita, orangnya yang bawa sekitar 30-an. Nanti ganti-gantian," ujar Aeng yang mengenakan seragam berwarna hijau senada dengan rekan-rekannya.

Dibawakan oleh 30 wanita secara bergantian Dibawakan oleh 30 wanita secara bergantian Foto: Johanes Randy/detikTravel


Usut punya usut, ternyata tahun ini merupakan kali pertama mereka tampil dalam Festival Imlek dan Cap Go Meh Singkawang 2018. Umur para penampil pun di atas 50 tahun. Emansipasi wanita sungguh nyata tahun ini!

"Yang ibu-ibu ini baru tahun ini. Umurnya rata-rata di atas 50 tahun" ujar salah satu penampil lain bernama Sak Njong (58)

Mengetahui umur para penampil, detikTravel pun dibuat makin penasaran. Soalnya, meliukkan badan naga membutuhkan kekuatan fisik dan latihan yang bukan main-main. Terkait hal itu, mereka pun memberikan jawaban yang cukup mengejutkan.

"Gak ada latihan, tapi kita belajar dari lihat video," ujar Sak Njong.

Umurnya sudah di atas 50 tahun tapi masih kuatUmurnya sudah di atas 50 tahun tapi masih kuat Foto: Johanes Randy/detikTravel


Wah, luar biasa sekali ya. Keberadaan Aeng, Sak Njong beserta rekan-rekannya pun menjadi hal baru yang manis dalam gagahnya perayaan Cap Go Meh Singkawang tahun ini.

Di mana lagi bisa melihat para penampil pawai naga yang terdiri dari para wanita? Jika penasaran dan ingin melihat aksi para penampil naga pink ini, datang langsung saja ke Singkawang pekan ini!


(sna/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA