Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Mar 2018 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Youth Creative Festival, Cara Kekinian untuk Cintai Sejarah Palembang

Raja Adil Siregar
Redaksi Travel
Foto: Youth Carnival Festival Palembang (dok. Dinas Pariwisata Palembang)
Foto: Youth Carnival Festival Palembang (dok. Dinas Pariwisata Palembang)
Palembang - Pemkot Palembang ingin menghidupkan lagi Kampung Kapitan sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Pempek. Keinginan itu diwujudkan melalui Youth Creative Festival 2018.

"Kami ingin menghidupkan kembali Kampung Kapitan. Dimana kita ketahui Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata lama yang mengandung unsur sejarah dan kebudayaan lokal," kata Asisten III Pemekot Palembang, Agus Kelana saat ditemui di Kampung Kapitan 7 Ulu, Kota Palembang, Kamis (1/3/2018).

Menurut Agus, festival tahunan ini mulai digelar bersamaan dengan perayaan Cap Go Meh sejak kemarin hingga besok. Hal ini sejalan dengan nilai sejarah, serta budaya yang terkandung dalam kampung itu.

"Momen penyelenggaraan memang kita buat sama dengan perayaan Cap Go Meh. Tentu ini menjadi alasan tersendiri karena adanya kandungan nilai sejarah," sambung Agus.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani, menurutnya festival yang diselenggarakan selama 3 hari ini akan membuka mata dunia. Terutama tentang potensi wisata di kawasan Kampung Kapitan dan destinasi wisata sejarah lain di Kota Palembang.

Youth Creative Festival, Cara Kekinian untuk Cintai Sejarah Palembang
Lokasi Youth Carnival Festival (dok Dinas Pariwisata Palembang)

"Kita ingin menjadikan festival tahunan ini dapat disejajarkan dengan kota lain, seperti Singkawang dan Kalimantan Barat yang sudah lebih dulu dikenal dunia saat perayaan Cap Go Meh," kata Isnaini.

Untuk menarik minat wisatawan, Dinas Pariwisata pun menyediakan street food, pameran barang antik dan mengenalkan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan di Kampung Kapitan.

Termasuk adanya keterkaitan antara Kampung Kapitan dengan Pulau Kemaro yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh di Bumi Sriwijaya.

Youth Creative Festival, Cara Kekinian untuk Cintai Sejarah PalembangSalah satu rangkaian acara (dok. Dinas Pariwisata Palembang)

"Kita harapkan sebelum wisatawan berkunjung me Pulau Kemaro, mereka itu akan datang ke sini dulu. Sebab di sini sudah disediakan bus wisata air yang disediakan untuk mengangkut penumpang ke Pulau Kemaro," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, perayaan imlek dan Cap Go Meh di Pulau Kemaro malam tadi dihadiri puluhan ribu pengunjung. Mereka yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari negara tertangga seperti Singapura, Malaysia bahkan hingga India. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED