Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Mar 2018 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Bangga! Taman Nasional Bali Barat Jadi Destinasi Terbaik se-Asia Pasifik

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) menerima penghargaan untuk Taman Nasional Bali Barat (dok Kemenpar)
Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) menerima penghargaan untuk Taman Nasional Bali Barat (dok Kemenpar)
Berlin - Kabar gembira dari Jerman. Taman Nasional Bali Barat terpilih sebagai destinasi terbaik se-Asia Paasifik pada Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin.

Taman Nasional (TN) Bali Barat masuk dalam Best Top 100 Destination di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, Rabu (7/3) kemarin. Penghargaan untuk TN Bali Barat sebagai Best Top 100 Destination diserahkan di Palais am Funkturm, ITB Berlin. Proses pengumuman pemenang dilakukan sekitar 16.00 waktu Berlin.

Total ada 5 kategori penghargaan yang diberikan. Mulai dari Best of Cities, Communities & Culture, hingga Best of Nature. Selain itu ada Best of Seaside, Earth Award, dan Best of the Planet.

Untuk kategori Best of the Planet, masih dirinci menjadi 6 sub kategori lagi. Mulai dari Best of Africa, Americas, Asia-Pacific, juga Europe. Ada juga Best of Atlantic dan Mediterranean.

Berada di zonasi Benua Kuning, TN Bali Barat akhirnya terpilih sebagai Best of the Planet untuk Asia-Pasific. TN Bali Barat mendampingi High Pamirs Mountain Region (Tajikistan) yang terpilih sebagai pemenangnya.

"Terpilihnya TNBB sebagai Best Top 100 Destination untuk Best of the Planet di Asia-Pasifik tentu sangat membanggakan. Sebab, prestasi ini memiliki fungsi yang sangat strategis khususnya bagi TN Bali Barat," tutur Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya seperti dalam siaran pers yang diterima detikTravel, Kamis (9/3/2018).

"Ini juga menaikkan indeks daya saing pariwisata Indonesia," tutur Arief menambahkan.

BACA JUGA: Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Apresiasi memang layak diberikan bagi TN Bali Barat. Bersama Thailand, TN Bali Barat menjadi wakil ASEAN yang berkibar di ITB Berlin. Destinasi Tung Dap Village yang menjadi andalan Thailand, berada di urutan 6 besar kategori Best of Cities, Communities & Culture. Thailand kalah pamor dari destinasi Portugal yang berada di urutan pertama hingga empat.

Persaingan ketat dihadapi spot yang masuk 100 top-sustainable destinations. Dari persaingan besar, lalu dikerucutkan menjadi 32 finalis. Screening terhadap destinasi terbaik dilakukan juri dari 12 organisasi internasional.

Para juri ini independen. Beberapa kriteria penilaian mulai dari kualitas, daya tarik, dan keberlanjutan destinasi dalam industri pariwisata.

"TN Bali Barat telah memenuhi berbagai aspek standard global. Masa depannya sangat bagus," tutup Arief. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED