Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Traveler Bisa Naik Tram Gratis di Melbourne

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Tram yang melintas di depan Stasiun Flinders, Melbourne (Randy/detikTravel)
Tram yang melintas di depan Stasiun Flinders, Melbourne (Randy/detikTravel)
Melbourne - Tram menjadi salah satu moda transportasi andalan di Melbourne, Australia. Asyiknya lagi, traveler bisa naik tram gratis pada zona-zona khusus.

Berkeliling Kota Melbourne dengan tram menjadi salah satu pilihan terbaik dan termudah bagi wisatawan. Hal itu juga yang dilakukan detikTravel saat mengunjungi Melbourne atas undangan Garuda Indonesia dan Tourism Australia.

Seperti di negara lain yang memiliki moda tram atau MRT, traveler pun dituntut untuk memiliki sebuah kartu elektronik. Untuk di negara bagian Victoria misalnya, ada kartu myki yang jadi media pembayaran.

Namun bagi kamu yang malas membeli kartu myki, pihak penyedia transportasi publik negara bagian Victoria menyediakan zona tram gratis di kawasan CBD Melbourne.

BACA JUGA: Ini Cara Terbaik untuk Liburan di Melbourne

Secara teknis, traveler yang naik dan turun tram di dalam zona gratis yang ditentukan sama sekali tidak perlu membayar atau men-tap kartu myki.

Hal itu pun dibuktikan langsung oleh detikTravel dengan menaiki tram dari Stasiun Flinders menuju Collins Street yang populer akan lane atau gangnya.

Untuk naik tram, detikTravel pun menunggu di halte bus yang terletak persis di seberang Stasiun Flinders. Ketika tram datang, traveler hanya perlu masuk dan turun di lokasi tujuan tanpa perlu men-tap kartu myki selama masih masuk zona tram gratis.

Kemudahan ini pun banyak dimanfaatkan oleh traveler yang ingin berwisata di pusat Melbourne. Soalnya zona tram gratis yang ada membentang cukup luas hingga Queen Victoria Market yang populer di kalangan wisatawan.

Namun lain halnya apabila kamu naik atau turun tram di zona komersil atau berbayar. Kamu harus men-tap kartu myki saat naik dan turun tram.

Untuk lokasi zona tram gratis dan berbayar, kamu pun bisa melihatnya dari tulisan penanda di sekitar halte tram atau lewat situs resmi Pemerintah Negara Bagian Victoria seperti di bawah ini.

Sudah Tahu? Traveler Bisa Naik Tram Gratis di MelbournePeta zona tram gratis di Melbourne (dok vic.gov.au)
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED