Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Apr 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Anjing Ini Kerja di Bandara dan Dibayar Rp 100 Juta

Bona
Redaksi Travel
Hercules kerja di landasan pacu (Rebecca Moore Gibson/Yeager Airport)
Hercules kerja di landasan pacu (Rebecca Moore Gibson/Yeager Airport)
West Virginia - Bandar udara Yeager di West Virginia, AS punya 'petugas baru'. Seekor anjing dibayar Rp 100 juta dan kerjanya mengejar burung.

Kecelakan di landasan pacu sering kali disebabkan oleh kawanan burung atau hewan lain seperti kelinci. Akibatnya, pesawat rusak bahkan terjadi kecelakaan fatal.

Tak ingin hal ini terus terjadi, Bandar Udara Yeager di West Virginia pun membuka lowongan pekerjaan di landasan pacu. Bukan untuk manusia tapi anjing, seperti yang diintip dari Fox dan West Virginia Metro News, Selasa (3/4/2018).

Lowongan tersebut jatuh kepada anjing collie border berusia 18 bulan bernama Hercules. Nantinya, Hercules akan diperkerjakan untuk mengusir burung dan hewan lain yang ada di landasan pacu.

"Setiap bandara memiliki masalah dengan kecelakaan burung dan satwa liar di lapangan terbang. Ini bahaya yang besar dalam keamanan, jadi anjing bisa menjadi pemangsa yang nyata. Ini akan membuat burung, rusa, coyote, kelinci menjauh dari lapangan terbang, "kata Nick Keller, asisten direktur di Yeager.

BACA JUGA: Istilah Bird Strike dalam Dunia Penerbangan dan Cara Mengatasinya

Keller mengatakan bahwa anjing memiliki potensi untuk mengurangi tabrakan hewan yang mematikan. Untuk itu, Hercules akan dilatih di North Carolina. Bentuk pelatihannya adalah perintah verbal dan peluit.

Selain Hercules, staff bandara juga akan dilatih untuk menangani Hercules ketika ia sedang bekerja. Uniknya, Hercules akan dilengkapi dengan rompi reflektif, kacamata pengaman dan pelindung telinga pada jam kerja.

Lowongan pekerjaan ini direkomendasikan langsung kepada Keller oleh ahli biologi satwa liar dari Departemen Pertanian AS. Namun biaya yang harus dikeluarkan bandara tidaklah murah.

Bandara Yeager harus menguras kocek sebesar USD 7.500 atau sekitar Rp 100 juta untuk Hercules. Masih dalam tahap pelatihan, Hercules nantinya akan resmi menjadi staff di Bandara Yeager pada bulan Mei.

Sayangnya, pihak bandara tidak memberi penjelasan mengenai jumlah uang yang dikeluarkan untuk Hercules. Apakah uang segitu sudah termasuk pelatihan atau hanya untuk membayar jasa anjingnya saja.

Baca Juga: Gonta-ganti Oli Mesin, Amankah Bagi Kendaraan?

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED