Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Apr 2018 10:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pameran Produk Lokal Meriahkan Rangkaian Festival Maksaira

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Produk lokal yang dipamerkan dalam Festival Potensi Unggulan Daerah di Sanana, Kepulauan Sula (Randy/detikTravel)
Foto: Produk lokal yang dipamerkan dalam Festival Potensi Unggulan Daerah di Sanana, Kepulauan Sula (Randy/detikTravel)
Sanana - Sehari sebelum Festival Maksaira diselenggarakan besok, aneka produk lokal lebih dulu dipamerkan dalam Festival Potensi Unggulan Daerah di Sanana, Kepulauan Sula. Berikut kemeriahannya.

Berlokasi di Pantai Pengeringan, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu hari (14/4/2018), tengah diselenggarakan Festival Potensi Unggulan Daerah. Acara ini pun merupakan salah satu rangkaian acara untuk meramaikan Festival Maksaira besok Minggu.

Turut hadir di lokasi, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes beserta jajaran terkait. Acara pun terlebih dulu dibuka dengan kata sambutan Bupati yang diwakili oleh Sekda Kepulauan Sula, Safrin Gailea. Diketahui, ada sekitar 12 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula yang hadir dan menjual produknya dalam pameran atau expo tersebut.

(Randy/detikTravel)Produk-produk lokal (Randy/detikTravel)
"Momen tepat untuk mengenalkan produk-produk khas kecamatan agar lebih dikenal dan jadi produk khas kabupaten Sula sebagai kebanggaan dan diharap bisa dikenal di tingkat nasional," bunyi pidato Bupati yang diwakili oleh Safrin.

BACA JUGA: Ini Cara Pergi ke Kepulauan Sula di Maluku Utara

Usai pidato, Bupati Hendrata pun menyerahkan sejumlah piagam bagi para camat yang hadir dan dilanjutkan dengan peninjauan UKM. Menempati lahan tenda semi permanen sepanjang 300 meter, para perwakilan dari 12 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula hadir dan memamerkan produknya. Salah satunya adalah ibu Rosina dari Kecamatan Sanana.

Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes (Randy/detikTravel)Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes (Randy/detikTravel)
"Ini ada Halua Kenari harganya Rp 30 ribu, produk dari Kecamatan Sanana. Di sini ada 10 desa," ujar ibu Rosina.

Selain produk-produk olahan kenari, madu juga jadi salah satu yang dijual di booth mereka. Selain di pameran, produk mereka juga dijual di Desa Wailau. Produk serupa juga dapat ditemui di booth Dinas Ketahanan Pangan. Hanya saja, ada lebih banyak varian produk keripik di sana.

BACA JUGA: Lucu, Badan Busway Ini Bergambar Ekosistem Laut

"Ada keripik ubi jalar, keripik ubi gadung, 1 bungkus Rp 10 ribu. Selain di sini kami juga jual di gerai di pelabuhan," ujar staff dinas ketahanan pangan, Mahwiya di boothnya.

Rencananya Festival Potensi Unggulan Daerah akan diselenggarakan dari pagi ini sampai malam nanti di Pantai Pengeringan. Sambil menunggu Festival Maksaira besok, tidak ada salahnya traveler datang ke pameran ini lebih dulu.

Sekda Kepulauan Sula, Safrin Gailea (Randy/detikTravel)Sekda Kepulauan Sula, Safrin Gailea (Randy/detikTravel)


Keramaian pameran (Randy/detikTravel)Keramaian pameran (Randy/detikTravel)


(Randy/detikTravel)(Randy/detikTravel)
(rdy/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA