Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Apr 2018 18:28 WIB

TRAVEL NEWS

Kapan Garuda Wisnu Kencana Selesai? Ini Jawabannya

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Garuda Wisnu Kencana di Bali (Irwan Reza Pahlevi/dTraveler)
Garuda Wisnu Kencana di Bali (Irwan Reza Pahlevi/d'Traveler)
Jakarta - Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah patung raksasa yang bertahun-tahun dibangun di Bali. Selama ini turis penasaran kapan selesainya? Nah, sudah ada jawabannya nih.

Untuk menjawab pertanyaan ribuan wisatawan ini, detikTravel mewawancara ekslusif pematung Nyoman Nuarta. Dalam obrolan santai di kantor detikcom, Gedung Transmedia, Jakarta, Selasa (17/4/2018) dia merefleksikan jalan panjang membangun GWK di Bali.


"28 Tahun dicita-citakan. Dari saya gondrong sampai jadi botak," kata Nyoman Nuarta sambil tertawa, memulai obrolannya.

Sejak tahun 1990 digagas, pembangunan GWK terkendala Krisis Moneter 1997. Aneka tantangan silih berganti datang dan akhirnya GWK akan selesai.

Kapan Garuda Wisnu Kencana Selesai? Ini JawabannyaPematung I Nyoman Nuarta (Abdul Haris/detikTravel)


"Rencananya Agustus selesai. Antara tanggal 1-10 Agustus 2018, kita belum pilih tanggalnya, kita akan bikin acara pembukaan. Syukuran patung," kata Nyoman memberikan jawaban yang sepertinya ditunggu-tunggu semua orang.

Traveler yang datang ke GWK atau melihat saat terbang dan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Monumen GWK sudah tegak menjulang. Sekarang sedang proses mendekati penyelesaian dan ditargetkan rampung di awal Agustus.

"Kita yakin sebelum 17 Agustus rampung. Ini hadiah untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia," kata dia.

Acara pembukaan Garuda Wisnu Kencana rencananya akan diisi dengan event tradisi, tarian, pawai, obor sampai makan malam. Acara akan digelar dari sore ke malam hari dan ditutup dengan video mapping dan penyalaan lighting spesial.


"Kita berharap Presiden Jokowi hadir saat selesainya patung ini. Nantinya kan GWK juga mau dipakai untuk acara IMF (International Monetary Fund) bulan Oktober, jadi harus dipastikan ini sudah selesai," jelasnya.

Nyoman Nuarta menegaskan yang selesai baru patung GWK-nya saja. Kompleks GWK secara keseluruhan masih terus dibangun dan dikembangkan.

"Patung ini bukan untuk keagamaan, tapi patung ini untuk ikon baru budaya dan pariwisata. Kita belum punya ikon yang menggetarkan," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED