Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Apr 2018 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Religi ke Prancis, Kenapa Tidak?

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Suasana pertemuan Atout France (Fitraya/detikTravel)
Suasana pertemuan Atout France (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Liburan ke Prancis bukan cuma ke Menara Eiffel atau belanja parfum. Wisata religi untuk umat Katolik jadi hal baru untuk turis Indonesia.

Badan pariwisata Prancis, Atout France membidik pasar wisata rohani Katolik untuk traveler Indonesia. Direktur Atout France ASEAN, Morad Tayebi mengatakan ada 200 ribu turis Indonesia ke Prancis tahun 2017. Mereka ingin meningkatkan jumlahnya dengan pasar wisata rohani Katolik.

"Pertumbuhan turis Indonesia ke Prancis paling besar di Asia setelah China. Kami menawarkan wisata keluarga, wisata halal, MICE dan kini wisata spiritual," kata Morad di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Notre Dame di Paris, PrancisNotre Dame di Paris, Prancis (Afif/detikTravel)
Ternyata Prancis punya 50 ribu situs religi dan 11 di antaranya jadi situs UNESCO, misalnya Katedral Notre Dame dan Mont Saint Michel. Nah, Atout France ingin mempromosikan 3 destinasi untuk wisata rohani yaitu Lourdes, Lissieux dan Alencon.

Dorine Cheron sebagai Charge de Promotion, Groupes & Development Touristique Alencon mengatakan Alencon adalah destinasi untuk menziarahi Santa Theresia yang terkenal. Dia lahir di Alencon dan menjadi suster pada usia 15 tahun di Lissieux, kemudian menulis buku History of Soul yang legendaris.

Di Alencon ada rumah tempat Santa Theresia lahir. Sedangkan di Lissieux ada Basilika Santa Theresia.

"Alencon dan Lissieux hanya 2 jam dari Paris dan kita punya Festival Santa Theresia pada bulan September dan Oktober," kata Promotion Manager Office de Tourisme Lissieux Normandie, Sandrine Papini.

Sementara itu Chargee de Promotion et Communication Office de Tourisme Lourdes, Corine Laussu menjelaskan Lourdes juga terkenal untuk wisatawan Katolik dari Indonesia sebagai tempat Santa Bernadetta. Kisahnya begitu terkenal bagi umat Katolik dimana pada tahun 1858, Bernardetta Soubirous 18 kali melihat penampakan Bunda Maria.

Gereja Sanctuary of Our Lady of Lourdes jadi destinasi wisata religi di barat daya Prancis. Ada grotto dan mata air ajaib yang bisa memberikan kesembuhan di Lourdes.

"Ada 70 keajaiban kasus medis dari air ajaib di Lourdes dan tidak bisa dijelaskan dokter. Jadi liburan ke sana spiritual dan kesehatan," kata Corine.

Corine mengatakan mereka dan Atout France sudah berjumpa para travel agent Indonesia dan tertarik membuat paket wisata rohani Katolik di Prancis. Selama ini wisata rohani Katolik ke Prancis sekalian juga ke Italia dan Vatikan.

"Kami berharap tujuannya bisa membuat turis Indonesia full menghabiskan waktunya di Prancis. Banyak yang bisa dikunjungi," pungkas Corine. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED