Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Apr 2018 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Bom di Berlin, Ini 5 Hal yang Turis Indonesia Mesti Tahu

Bona
Redaksi Travel
Daerah rawan ledakan bom PD II di Berlin (Google Maps)
Daerah rawan ledakan bom PD II di Berlin (Google Maps)
Berlin - Bom sisa Perang Dunia II seberat 500 kg ditemukan di Kota Berlin, Jerman dan akan dijinakan. Jika ada traveler Indonesia di Berlin, ini yang kamu wajib tahu.

Sebuah bom Inggris seberat 500 kg sisa Perang Dunia II ditemukan di area konstruksi dekat stasiun kereta pusat Berlin Hauptbahnhof di Berlin, Ibu Kota Jerman. Penjinakan bom akan dilakukan mulai dilakukan Jumat (20/4/2018) pukul 11.00 waktu Jerman.

Seperti yang dilihat dari AFP dan kantor berita lokal Berlin The Local, semua warga, pegawai dan wisatawan yang berada dalam radius 800 meter akan dievakuasi pada pukul 09.00 waktu setempat, sebelum bom dijinakkan.

Traveler yang sedang berada di Berlin diharapkan untuk tetap tenang. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikTravel, inilah hal-hal penting yang mesti Anda tahu:

1. Jangan ke KBRI Berlin

KBRI Berlin untuk sementara tutup selama satu hari. Hal ini dikarenakan lokasi KBRI yang dekat dengan bom tersebut. Jadi kalau kamu ada urusan terkait paspor dan lain-lain, tangguhkan ke hari Senin.

2. Perjalanan pesawat

Untuk traveler yang akan naik pesawat dari Bandara Tegel, maka ada kemungkinan untuk mengatur ulang rute penerbangan. Karena lokasi bandara ini berada 7 km dari lokasi bom. Pesawat yang kemungkinan wara-wiri di langit melewati lokasi bom, dijadwal ulang penerbangannya.



3. Perjalanan kereta antarkota

Selain pesawat, angkutan umum berupa kereta api antarkota juga akan dialihkan. Stasiun Hauptbahnhof akan sepenuhnya ditutup selama operasi penjinakan bom.

Menurut Deutsche Bahn, kereta akan berjalan normal melalui Stasiun Hauptbahnhof. Tapi, semua jalur akan berhenti antara pukul 11.00 pagi sampai 13.30 siang.

4. Perjalanan komuter

Layanan kereta lokal, trem, dan bus juga akan menghadapi gangguan. S-Bahn yang adalah KRL komuter juga mengalami beberapa pengalihan. Seperti jalur S3, S7 dan S9 yang datang dari Timur akan berhenti sampai ke Friedrichstrasse. Sedangkan kereta yang datang dari barat akan dialihkan menuju Tiergarten (jalur S3 atau S9) atau ke Charlottenburg (jalur S7).

Traveler yang mau naik trem juga akan mengalami dampak. Jalur M5, M8 dan M10 yang menuju stasiun utama hanya akan beroperasi sampai Naturkundemuseum.

Koneksi transportasi ke Bandara Tegel juga akan mengalami gangguan. Traveler dapat menggunakan bus TXL untuk sampai ke sana.

Satu-satunya jalur yang tidak beroperasi adalah U-Bahn atau atau kereta bawah tanah dengan jalur U55. Karena, ereta ini memiliki rute Hauptbahnhof dan Brandenburger Tor.

"Hampir semua jalur akan berjalan. Bus akan mengelilingi daerah yang terkena dampak evakuasi dan trem seperti jalur M5 dan M8 akan memutar dan menghindari daerah evakuasi," kata Petra Reetz, juru bicara Otoritas Transportasi Berlin (BVG).


5. Objek wisata di zona bahaya ditutup

Ada dua destinasi wisata yang masuk dalam radius zona bahaya. Museum itu adalah Naturkunde Museum alias museum ilmu pengetahuan alam dan satu lagi adalah Hamburger Banhof Museum Modern & Contemporary Art.

Kedua destinasi ini ditutup. Wisatawan dipersilakan mencari destinasi wisata lain yang berada di zona aman. Hati-hati ya, traveler! (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED