Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Apr 2018 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ada 131 Juta Muslim Traveler, Kemana Mereka Pergi Liburan?

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi wisatawan Muslim (Omakase Tour)
Ilustrasi wisatawan Muslim (Omakase Tour)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta - Muslim travel adalah tren wisatawan yang terus meningkat pesat di dunia. Penasaran nggak sih mereka pergi liburannya kemana. Ini faktanya.

CrescentRating mengeluarkan data riset Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018. Dalam data yang diperoleh detikTravel, Selasa (24/4/2018) disebutkan ada 131 juta Muslim Traveler pada tahun 2017.

Nah, Muslim Travel bukan semata-mata traveling untuk turis yang beragama Islam. Menurut CrescentRating, Muslim Travel adalah gaya perjalanan wisata dengan permintaan kebutuhan khusus berupa makanan halal, tempat salat, toilet dengan air (bukan tisu), pelayanan bulan Ramadan, aktivitas halal dan privasi di tempat rekreasi.

Seorang traveler meskipun Muslim, jika tidak menuntut aneka hal tadi secara khusus, dianggap sebagai traveler umum saja. Nah, kemana Muslim Traveler pergi liburan?

CrescentRating membaginya 2 kategori yaitu destinasi negara anggota OKI (negara Islam) dan negara bukan anggota OKI. Untuk negara OKI, destinasi nomor satu adalah Arab Saudi. Sudah jelas, ini adalah destinasi umrah dan haji. Jutaan muslim pergi ke sana tiap tahun.

Untuk negara bukan anggota OKI, negara yang paling dituju Muslim Traveler ternyata adalah Rusia, Spanyol dan Prancis. Menarik ya, ternyata negara Eropa sangat diminati para Muslim Traveler.

Sayang dari angka 131 juta Muslim Traveler tahun 2017, data GMTI tidak menyebut berapa jumlah wisatawan di masing-masing negara. Berikut ini adalah 10 besar negara tujuan Muslim Traveler, baik negara Islam dan bukan negara Islam.

Top 10 Destinasi Inbound Negara OKI:
1. Arab Saudi
2. Turki
3. Malaysia
4. UEA
5. Bahrain
6. Maroko
7. Kazakhstan
8. Lebanon
9. Tunisia
10. Yordania

Top 10 Destinasi Inbound Negara Non OKI:
1. Rusia
2. Spanyol
3. Prancis
4. Thailand
5. Singapura
6. Italia
7. Georgia
8. Yunani
9. Inggris
10. India (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED