Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Mei 2018 17:11 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Aman dan Bahagia?

Afif Farhan
detikTravel
Finlandia, negara paling aman dan bahagia di dunia (visitfinland/Facebook)
Finlandia, negara paling aman dan bahagia di dunia (visitfinland/Facebook)
Helsinki - Soal negara paling aman dan bahagia sedunia, Finlandia selalu masuk daftarnya. Berikut rahasia-rahasianya yang bisa dijadikan pelajaran bagi negara lain.

Finlandia merupakan negara di bagian utara Eropa. Mungkin namanya masih kalah pamor dibanding Prancis atau Inggris sebagai destinasi wisata impian traveler. Namun Finlandia punya satu hal yang sangat menarik, inilah negara paling aman dan paling bahagia.

Dalam catatan detikTravel, tahun 2018 ini Finlandia menyabet 2 'gelar' bergengsi dunia. Dalam World Happiness Report yang dikeluarkan PBB pada bulan Maret kemarin, Finlandia menempati peringkat pertama negara paling bahagia sedunia. Satunya dari Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang dikeluarkan WEF (World Economic Forum), Finlandia juaranya negara paling aman sedunia.

Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Aman dan Bahagia?Bendera Finlandia (Reuters)


Apa Rahasianya?

Beberapa media internasional seperti Telegraph dan Guardian pernah mengulasnya. Tapi tunggu, faktanya adalah 150 tahun lalu negara ini ternyata negara miskin. Banyak penduduknya yang mati kelaparan!

Tapi kini, kehidupan di sana berubah 180 derajat. Tentu dengan proses yang tak sebentar, Finlandia berhasil ditasbihkan sebagai negara paling aman dan paling bahagia sedunia.

Kita bahas satu per satu. Dari kehidupan warga Finalndia, mereka memiliki prinsip 'Talkoo' yang artinya bekerja sama, secara kolektif untuk kebaikan.

Itu sudah menunjukan, kalau masyarakat Finlandia adalah para pekerja keras, tapi tidak melupakan orang lain. Mereka tak akan segan untuk membantu jika diminta pertolongan, walau sedang musim dingin yang dinginnya menusuk tulang.

Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Aman dan Bahagia?Orang-orang Finlandia tak akan segan membantu (visitfinland/Facebook)


Yang menarik, 'Talkoo' itu juga yang lambat laun membuat penyerataan status masyarakat. Artinya, tidak ada orang kaya yang kaya banget dan tidak ada orang miskin yang miskin banget. Bahkan candaan orang Finlandia adalah, 'saat di Finlandia, mungkin kamu tidak sadar kalau di sebelah kamu adalah orang paling kaya di Finlandia. Malah, mungkin kamu tidak tahu dia itu siapa'.

Pemerintahan Finlandia pun sangat bersih. Tahukah kamu, kalau Finlandia menempati negara nomor 3 yang korupsinya kecil. Pajak yang tinggi, benar-benar dialihkan untuk pelayanan masyarakat. Nomor satunya, pendidikan yang mana sekolah-sekolah di sana gratis!

Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Aman dan Bahagia?Suasana di Kota Helsinki (visitfinland/Facebook)


Pendidikan adalah kunci untuk kemajuan, begitu prinsip negaranya. Saat awal-awal tahun kemerdekaan Finlandia dari Kekaisaran Rusia di tahun 1917, 30 persen pejabat negara diisi oleh cendikiawan dan profesor.

Fakta menarik, sampai abad ke-19, Finlandia merupakan negara yang penduduknya tidak bisa membaca. Sampai akhirnya, para cendikiawan di sana membuat peraturan khusus: setiap orang yang mau menikah harus bisa membaca.

Selain itu, Finlandia juga begitu peduli dengan lingkungannya. Mereka menempati peringkat teratas soal negara yang ramah lingkungan di Eropa. Finlandia sangat menjaga kelestarian alam, yang rinciannya 179.584 pulau dan 188.000 danau.

Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Aman dan Bahagia?Finlandia juga punya alam yang indah (visitfinland/Facebook)


Semakin terjaga alamnya, semakin cepat kejenuhan akan hilang. Tak sampai di situ, Finlandia total memiliki jalur sepeda sepanjang 3.000 km!

Orang-orang Finlandia memang lebih senang mengayuh sepeda. Alasannya simpel, lebih murah dan bisa membuat badan lebih sehat.

Bisakah, kita mencontoh Finlandia untuk menjadi negara yang aman dan bahagia?




Saksikan pula cantiknya Aurora Borealis menari di langit Finlandia:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED