Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Mei 2018 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ketahuan Nyolong Artefak Kuno Pompeii, Turis Kena Denda

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Ilustrasi wisata di Pompeii (Alessandro Bianchi/Reuters)
Ilustrasi wisata di Pompeii (Alessandro Bianchi/Reuters)
Pompeii - Seorang traveler yang berlibur ke Pompeii, Italia harus berurusan dengan polisi. Mereka kedapatan mencuri artefak kuno Pompeii.

Pompeii merupakan salah satu destinasi bersejarah penting di Italia, dan menjadi favorit traveler lokal maupun mancanegara. Peninggalan bersejarah di sana juga begitu dilindungi dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Namun sayang, masih ada tangan-tangan jahil di Pompeii. Baru-baru ini ada turis yang kedapatan mencuri artefak kuno di Pompeii. Ditengok detikTravel dari Independent, Minggu (20/5/2018), turis yang mencuri itu diketahui berasal dari Prancis.

Pria tersebut bernama Pierre Luc Giglio dan berusia 52 tahun. Ia tengah berkunjung ke Pompeii bersama pasangannya yang berusia 50 tahun. Perbuatan tak terpuji yang dilakukan traveler pria itu awalnya diketahui sekuriti karena gelagat aneh sang turis saat berwisata di tempat bersejarah.

Tas pria tersebut diperiksa dan ditemukan 13 artefak kuno dan 1 potongan marmer, yang diambil dari House of Loreius Tiburtinus, vila kuno yang diduga dulu dimiliki oleh salah satu penduduk Pompeii yang kaya raya.

BACA JUGA: Kota Kuno Jerash, Pompeii dari Timur Tengah

Seperti diberitakan The Local Italia, Giglio beralasan bahwa ia mengambil artefak itu hanya untuk suvenir. Saat diproses di pengadilan, Giglio dikenakan denda 200 Euro (Rp 3,3 juta), sedangkan pasangannya terbebas dari hukuman karena sedang berada di tempat lain ketika pencurian berlangsung.

Mereka berdua meminta maaf atas perbuatannya dan keduanya mengaku sangat mengagumi sisi historis Pompeii. Atas kejadian ini, pasangan itu tidak memperpendek waktu liburannya di Italia, mereka tetap lanjut berwisata di sana.

Otoritas setempat memang menghadapi tantangan yang besar untuk menjaga peninggalan bersejarah di Pompeii. Baik itu dari turis iseng yang mengutil, pencuri profesional, kerusakan dan jumlah kunjungan turis yang mencapai jutaan. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED