Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Mei 2018 22:50 WIB

TRAVEL NEWS

Festival di Ancol Ada Banyak Hadiah, Ini Rinciannya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Jumpa pers di Ancol (Masaul/detikTravel)
Foto: Jumpa pers di Ancol (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol akan menggelar Ancol Asian Festival 2018 menyambut Lebaran hingga Asian Games. Ini rincian acaranya.

Ancol Asian Festival 2018 diusung sebagai tema yang menampilkan atraksi dan hiburan yang mendidik dan menyenangkan. Semua kegiatan sepanjang Juni-Agustus 2018 dikemas apik dalam bentuk pertunjukan seni budaya, musik, kuliner, parade perahu sampai kompetisi olahraga triathlon.

Berikut agendanya:

1. Juni-Juli 2018, Ancol Nusantara Festival di Pantai Lagoon

Kegiatan ini diselenggarakan sebulan penuh di Pantai Lagoon Ancol Taman Impian. Selama pekan liburan lebaran, pengunjung akan dimanjakan oleh berbagai aktivitas dan hiburan serta kuliner Nusantara.

Ada pula berbagai penampilan kesenian mulai dari Aceh hingga Papua. Pengenalan budaya Nusantara juga disajikan dalam karya seni yang tersebar dibeberapa titik di Pantai Ancol.

Sajian musik ada di panggung terapung Pantai Lagoon setiap hari mulai pukul 14.00 WIB. Ada permainan seru berhadiah Lebaran Beach Games yang akan dimulai pukul 10.00 pagi dari tanggal 13 Juni hingga 15 Juli 2018.

Khusus pada momen ulang tahun DKI ke-491 Jakarta, akan ada parade spesial 'Explore Ondel-Ondel dan Tribute Benyamin Sueb'. Parade ini merupakan parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai.

Selain diarak secara massal, ada juga lomba joget dan sepak bola ondel-ondel. Makin komplit dengan hadirnya prosesi budaya Betawi Palang Pintu, Pencak Silat dan Lenong Betawi dan juga akan ada penampilan artis-artis dalam tajuk Sunset Music Lagoon setiap minggu.

2. Juni-Agustus 2018, Ancol Kampung Betawi Festival di Pasar Seni

Pasar Seni Ancol akan disulap tampilannya menjadi Kawasan Kampung Betawi. Pengunjung akan diajak mengenali seluruh unsur budaya Betawi, mulai dari sejarah, kuliner, kesenian sampai hasil karya khas Jakarta.

Pasar Seni Ancol akan benar-benar menjadi Kampung Betawi selama acara ini berlangsung dimulai dari 15 Juni - 31 Agustus 2018. Sepanjang waktu itu pula setiap akhir pekan, Pasar Seni akan dimeriahkan oleh penampilan dari seniman-seniman Betawi seperti gambang kromong, lawakan dan lenong betawi, keroncong Betawi, marawis dan seniman komedi betawi ternama.

Ragam kuliner yang khas seperti, dodol Betawi, kerak telor, laksa, bir pletok dan banyak lagi dapat dinikmati di sini sambil menikmati alunan musik dan lenong khas Betawi.

3. Juli-Agustus 2018, Asian Lantern Festival di Pantai Festival

Demam Asian Games juga mulai digaungkan di kawasan Ancol Taman Impian. Pengenalan aneka budaya Asia dikemas dalam Festival lampion dengan tema kekayaan budaya Asia mulai dari bangunan-bangunan bersejarah sampai dengan karakter Asia dan berpusat di Pantai Festival.

Festival Lampion ini juga merupakan salah satu destinasi baru yang layak dikunjungi oleh seluruh pengunjung. Bertabur lampu-lampu yang penuh warna sangat menggugah untuk dinikmati dan dijadikan spot foto yang instagramable.

Festival ini akan berlangsung mulai 29 Juli-2 September 2018. Tidak hanya lampion, akan ada Festival Perahu Wisata Nusantara di dalamnya.

Beraneka ragam perahu yang dihias dengan unsur budaya Nusantara. Menariknya juga ada Dragon Boat Festival yang menampilkan perahu dayung yang akan dimainkan oleh profesional.

Tidak sampai di situ, dalam kesempatan ini juga disajikan beraneka ragam jenis kopi dan teh. Berlokasi di Monumen Ancol, berbagai jenis kopi dan teh dari berbagai penjuru Asia dapat dinikmati di sini.

4. Agustus 2018, Ancol Triathlon dan Ancol Kemerdekaan Festival

Rangkaian festival di atas akan ditutup dengan Ancol Triathlon 2018. Dalam perayaan HUT ke-73 RI ada aneka lomba rakyat, seperti lomba panjat pinang kolosal dengan adanya 188 batang pohon. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Pulau Rubiah, Surganya Ikan!

Minggu, 21 Okt 2018 19:08 WIB

Pulau Sabang adalah titik 0 kilometer Indonesia ada di sana. Wisata pantainya sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rubiah.

Wisata Pantai

Pantai Buat Santai di Jepara

Minggu, 21 Okt 2018 19:00 WIB

Kata siapa Jepara tidak punya pantai buat santai. Inilah Pantai Teluk Awur di Jepara yang asyik buat kamu datangi.