Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Mei 2018 14:55 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Sambut PM India dengan Layangan dan Budaya Hindu

Jokowi dan PM Modi di Patung Arjuna (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Jakarta - Presiden Joko Widodo dan PM India Shri Narendra Modi bermain layangan dan membuka pameran di Monas, lalu berfoto di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Budaya Hindu kental mewarnai acara mereka.

Jokowi dan Modi berfoto di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha didampingi seniman Nyoman Nuarta. Dijelaskan Menpar Arief Yahya jika kegiatan ini juga untuk meramaikan pembukaan Pameran Layan-layang Indonesia dan India di Monas.

"Harusnya ke Borobudur tapi nggak jadi. Layang-layang adalah permainan rakyat paling populer di India. Setiap provinsi memiliki museum layangan. Kita cuma satu layangan. Kita harapkan dengan kehadiran Pak Modi bisa meningkatkan promosi kita ke India," kata Arief, Rabu (30/5/2018).

Jokowi Sambut PM India dengan Layangan dan Budaya HinduJokowi, PM Modi dan Nyoman Nuarta (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Layang-layang yang diterbangkan Jokowi dan PM Modi adalah buatan Museum Layang-layang Indonesia. Beragam persiapan untuk acara ini juga sudah dilakukan, termasuk gladi resik yang dilakukan pada Selasa (29/5) kemarin.

Saksikan juga video "Pameran Layang-layang 70 Tahun Persahabatan India-Indonesia" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



"Layang-layang yang akan diterbangkan Presiden Jokowi dan PM Narendra Modi merupakan sebuah karya yang luar biasa. Museum ini memang sudah menghasilkan beragam karya layang-layang terbaik dan mengoleksinya dalam jumlah banyak," ujar Arief.

Untuk pameran layang-layang bertema Ramayana, India akan menyertakan 15 ahli layang-layang. Tidak hanya itu, 50 layang-layang terbaik asal India juga untuk dipamerkan. Layang-layang memiliki banyak jenis, mulai dari bentuk dua dimensi hingga tiga dimensi.

Jokowi Sambut PM India dengan Layangan dan Budaya HinduJokowi dan PM Modi meninjau pameran layangan (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Menpar menilai kunjungan PM Narendra Modi ke Indonesia pada 29-30 Mei 2018 ini akan berdampak baik bagi pariwisata Indonesia. Apalagi India dan Indonesia memiliki kedekatan budaya, seperti yang tampak pada pameran layang-layang ini.

"Kedekatan budaya keduanya sangat erat. Kondisi ini tentu menjadi nilai positif. Kami optimis jumlah kunjungan wisata India masih bisa dikembangkan. Jarak tempuhnya juga ideal," tegas Arief.



Tonton juga 'Layang-layang ini Keren Banget':

[Gambas:Video 20detik]

(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA