Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jun 2018 07:52 WIB

TRAVEL NEWS

Ide Wisata Karavan di Jalur Mudik Pantura dan Pansela

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Randy/detikTravel)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Jakarta - Sejumlah jalur mudik telah disiapkan pemerintah untuk traveler yang ingin pulang ke kampung halaman. Terkait hal itu, Kemenpar telah menyiapkan kejutan seru.

Dalam acara buka bareng Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) di Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta, Rabu (6/6/2018), Menpar Arief Yahya mengungkapkan idenya untuk membuat Nomadic Tourism di jalur mudik sepanjang Pulau Jawa. Rencananya Arief akan memanfaatkan kendaraan caravan untuk mendukung konsep wisata tersebut.

"Idenya ada tapi tidak sekarang, saya ingin setelah buka tol itu ada Nomadic Tourism. Terutama semacam caravan. Jadi sayang sekali kita punya 1.000 Km tol kalau tidak punya ini. Karena di sepanjang pintu tol itu banyak hal-hal indah, tetapi amenitasnya hotel dan lain-lain kurang," ujar Arief.

BACA JUGA: 6 Pertanyaan Penting Soal Mudik Lewat Pantai Selatan Jawa

Untuk mewujudkan idenya tersebut, Arief pun menggandeng para investor pemilik caravan. Apabila konsep wisata baru ini siap, nantinya traveler bisa singgah di aneka destinasi wisata di Pulau Jawa tanpa perlu pusing memikirkan akomodasi.

"Maka saya mengundang para pengusaha caravan, nomadic tourism untuk memikirkan nanti setelah Lebaran selesai untuk membuat nomadic tourism sepanjang jalan tol. Jadi tamu bisa memilih dia di mana, mau di Jawa Tengah, Timur atau spot-spot destinasi tertentu. Nah itu lah ide yang akan kita kembangkan," tutur Arief.

Selain menggunakan caravan, Arief juga memiliki sejumlah ide lain untuk mendukung Nomadic Tourism. Antara lain menggunakan ide camping mewah hingga homestay yang bisa dipindah-pindah.

BACA JUGA: 3 Jembatan Cantik Berbatas Laut di Jalur Mudik Pansela

"Ada 3 hal yang kita tetapkan untuk amenitasnya, yang pertama caravan sudah kita sebut yang kedua glamping (glamour camping) itu juga bagus ketika orang keluar bisa menggelar campingnya dan itu temporary sifatnya dan ketiga adalah homepot, homestay yang bisa berpindah-pindah," ujar Arief.

Rencananya, ide tersebut akan dimatangkan oleh Arief setelah Lebaran. Namun bagi traveler yang berencana untuk mudik melewati jalur Pantura hingga Pansela, tentunya akan melewati sejumlah destinasi wisata cantik yang memanjakan mata. (wsw/fay)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Wisata Pantai

Pantai Siung yang Menghipnosis

Sabtu, 20 Okt 2018 10:48 WIB

Nikmatilah ombak Pantai Siung di Gunungkidul. Berangkat dengan pikiran jenuh, pantai ini menghipnosis dengan suasana damai dan kita pulang dengan tenang.

Wisata Pantai

Indahnya Wisata Pantai Labuan Bajo

Sabtu, 20 Okt 2018 08:48 WIB

Bagi kalian pecinta pantai dan lautan luas, wajib banget nih untuk berkunjung ke Labuan Bajo. Pengalaman pertama bisa trip ke sana sangat mengesankan.