Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Jul 2018 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Watang Pulu yang Kata Presiden Jokowi Seperti di Belanda

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi saat di Watang Pulu (jokowi/Instagram)
Sidenreng Rappang - Lewat media sosial, Presiden Jokowi beberapa kali mempromosikan keindahan alam Indonesia. Kali ini Watang Pulu, yang disebutnya mirip di Belanda.

Seperti dilihat detikTravel dalam Instagram, jokowi seperti dilihat detikTravel, Senin (2/7/2018) Presiden Jokowi baru saja memposting foto Watu Pulu. Itu merupakan pembangkit listrik bertenaga angin yang berada di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

"Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan -- sekitar 200 kilometer dari Makassar. Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini," begitu tulis caption pada fotonya.

Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan -- sekitar 200 kilometer dari Makassar. Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini. Dibangun sejak Agustus 2015, PLTB ini berupa jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA. Dengan beroperasinya PLTB Sidrap ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99 persen, sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen. Keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun adalah potensi pariwisata.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada 2 Jul 2018 jam 5:05 PDT



Jokowi juga menjelaskan, PLTB atau Wind Turbin (Turbin Angin) ini berupa jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA

Selain itu, Jokowi juga mengaitkan dengan pariwisata. Menurutnya, keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun adalah potensi pariwisata. Sebab itu tadi, mirip seperti kincir angin di Belanda saja.

Bakal jadi tempat wisata baru di Sulawesi Selatan nih! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA