Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Jul 2018 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Gamelan & Tari Batik Meriahkan Karnaval Internasional di Paris

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Kontingen Indonesia dalam Carnaval Tropical de Paris (dok KBRI Paris)
Foto: Kontingen Indonesia dalam Carnaval Tropical de Paris (dok KBRI Paris)
Paris - Setiap tahun Prancis rutin menyelenggarakan Carnaval Tropical de Paris di musim panas. Gamelan dan tari batik dari Indonesia pun mencuri perhatian.

Berdasarkan siaran pers yang diterima detikTravel dari KBRI Paris, Selasa (3/7/2018), tak kurang dari 70 ribu orang yang terdiri dari wisatawan dan masyarakat Paris yang memadati sepanjang jalan Champs-Elysees saat karnaval berlangsung hari Minggu lalu (1/7).

Karnaval tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Walikota Paris, Federation du Carnaval Tropical de Paris dan Pemerintah Daerah Ile-de-France.

Tonton juga video 'Tarian Daerah Indonesia Bikin Raja Belgia Terpesona'

[Gambas:Video 20detik]


Tahun ini, kembali hadir tim Indonesia yang terdiri atas kumpulan asosiasi Indonesia di Prancis dalam binaan KBRI Paris, yaitu ikatan diaspora Indonesia-Prancis IDNF, Sekar Jagat, IKFI, Pasar Malam, Joged Nusantara, Pencak Silat KBRI Paris, Bonapasogit, serta PPI Paris.

Menambah kemeriahan penampilan seni Indonesia adalah kehadiran tim gamelan dan tari dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Tim Indonesia mengangkat tema Batik, dengan tetap mengedepakan keragaman budaya Nusantara.

Di bawah cuaca panas sekitar 36 derajat Celsius, karnaval berlangsung sangat meriah. Mnempuh jarak 3 km melewati sepanjang jalan Champs-Elysees dan monumen Arc du Triomphe.

Peserta karnaval mencapai 3.000 orang, terdiri atas 36 grup pemusik dan penari yang mewakili berbagai negara tropis seperti Brasil, Bolivia, Kosta Rika, Haiti, Panama, serta wilayah Prancis seberang-laut (outre-mer) seperti Guadalupe, Guyane, dan Martinique.

Adapun tim Indonesia yang berjumlah 100 orang adalah satu-satunya peserta dari Asia. Tim Indonesia pun menampilkan musik utama gamelan dari Udinus, bersama beberapa tarian Nusantara secara bergantian dari para asosiasi Indonesia.

Masyarakat Prancis dan turis yang menyaksikan karnaval ini memberikan sambutan meriah kepada barisan Indonesia yang tampil.

Sebelumnya pada tahun 2017, tim karnaval Indonesia juga ikut berpartisipasi dan mengusung tema pencak silat. Keren!

Gamelan & Tari Batik Meriahkan Karnaval Internasional di Paris
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Negara Tempat Lahirnya Kopi

Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Inilah konon di mana biji kopi dilahirkan. Dari warung pedesaan hingga kafe kekinian menyajikan kopi yang berawal mula dari sini, tempat kelahirannya, Ethiopia.