Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Jul 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kronologi Pendaki Dihukum karena Petik Edelweis di Gunung Merbabu

Pendaki pemetik Edelweis di Gunung Merbabu (tngunungmerbabu_official/Instagram)
Jakarta - Pendaki bernama Rudianto asal Batang ketangkap basah sedang memetik bunga edelweis di Gunung Merbabu. Pihak Taman Nasional langsung menghukumnya di lokasi.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu membenarkannya dalam sambungan telepon dengan detikTravel, Rabu (4/7/2018). Saat kejadian sedang ada operasi rutin dari BTN Gunung Merbabu.

"Kejadiannya itu di hari Jumat tanggal 29 Juni lalu. Si pelaku ini melewati Jalur Suwanting, Magelang," kata salah satu staf BTN Gunung Merbabu, Endah.


Tonton juga 'Petik Bunga Edelweis, Pendaki Ini Dihukum Bersih-bersih':

[Gambas:Video 20detik]

Diketahui dari identitasnya, pelaku bernama Rudianto dan berasal dari Batang. Ia mendaki berkelompok dan saat kejadian sedang perjalanan turun ke basecamp.

"Yang metik satu orang. Rombongannya itu sekitar 7-9 orang. Dari balai yang menangkap tangan," jelas Endah.



Saat kejadian, BTN Gunung Merbabu sedang ada Operasi Pembinaan dan Pengaman Pendakian. Kegiatan ini biasa dilakukan kapan saja dan tidak terjadwal.

"Bisa kapan saja Operasi Pembinaan dan Pengaman Pendakian, nggak terjadwal. Bisa pas hari libur atau di hari biasa," kata dia.



Saat memergoki Rudianto memetik bunga edelweis, pihak taman nasional sedang perjalanan naik. Pendaki nakal itu pun dihukum dengan bersih gunung dari Pos 3 hingga basecamp.

"Hukumannya bersih gunung dadri Pos 3 sampai bawah. Lalu dia diharuskan melapor ke petugas di bawah. Id-nya ditahan sampai dia selesai bersih gunung," ungkap Endah.

Sebelumnya, kejadian memetik edelweis dilihat detikTravel dari postingan Instagram resmi Taman Nasional Gunung Merbabu, pada Rabu (4/7/2018). Dalam caption-nya ada penjelasan tentang pendaki yang memetik edelweis.

Kronologi Pendaki Dihukum karena Petik Edelweis di Gunung Merbabu
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA