Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Jul 2018 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Peringatan Keras Bagi Pendaki Pemetik Edelweis di Gunung Merbabu

Pemetik edelweis di Gunung Merbabu (tngunungmerbabu_official/Instagram)
Jakarta - Rudianto, pendaki pemetik edelweis di Gunung Merbabu telah diberi hukuman. Bagi yang akan mendaki selanjutnya ada peringatan keras agar kejadian serupa tak terulang.

Balai Taman Nasional Gunung Mebabu melarang keras adanya perusakan bunga yang dilindungi tersebut. Pihaknya tak akan segan memberi hukuman bila tertangkap tangan melakukan hal serupa.

"Ini imbauan kami terhadap pemetik bunga edelweis di Gunung Merbabu. Satu contoh di atas, jika sampai memetiknya akan membersihkan gunung sampai ke bawah," kata Endah dalam sambungan telepon dengan detikTravel, Rabu (4/7/2018).

Tonton juga video: 'Petik Bunga Edelweis, Pendaki Ini Dihukum Bersih-bersih'

[Gambas:Video 20detik]


"Kami saat ini belum mem-blacklist si pelaku. Tapi untuk hukuman yang bisa bikin jera masih kami rapatkan," imbuh dia.





Endah menjelaskan jika setiap pendaki harus menaati semua peraturan saat mendaki gunung. Ada pun yang ada di gunung itu tidak perlu diambil, cukup dipotret bila ingin memilikinya.

"Setiap pendaki atau pengunjung di kawasan TN Gunung Merbabu dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut dan memperniagakan tumbuhan atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati (UU No. 5 Tahun 1990 pasal 21)," urai Endah.

"Satu lagi, jangan melakukan vandalisme," pungkas dia.



Sebelumnya, kejadian memetik edelweis dilihat detikTravel dari postingan Instagram resmi Taman Nasional Gunung Merbabu, tngunungmerbabu_official pada Rabu (4/7/2018). Dalam caption-nya ada penjelasan tentang pendaki yang memetik edelweis.

Peringatan Keras Bagi Pendaki Pemetik Edelweis di Gunung Merbabu
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA