Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Jul 2018 09:18 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Resep Kenapa Warga Jepang Bisa Hidup 100 Tahun

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (Masaul/detikTravel)
Foto: (Masaul/detikTravel)
Naha - Selain terkenal sebagai negara maju, Jepang juga menjadi tempatnya orang berumur panjang. Apa sih resepnya?

detikTravel bersama rombongan mengunjungi Negeri Sakura minggu lalu. Kunjungan kami ke pulau di mana menjadi tempat tinggal orang-orang berumur panjang.

Adalah Pulau Okinawa yang juga menjadi prefektur yang sama tempatnya. Pulau ini ada di kawasan sub tropis ujung selatan pulau utama Jepang.

Orang-orang di Okinawa menganggap bahwa makanan tradisionalnya adalah sebuah obat. Makanan itu sudah terkenal agar bisa hidup panjang umur.

"Orang-orang Okinawa hidup sebagaimana yang dikatakan orang China, yakni obat dan makanan nerasal dari sumber yang sama," kata pemandu kami, Ai Munakata.

"Penduduk Okinawa juga dapat hidup 100 tahun berbeda dengan yang hidup di pulau utama Jepang. Mereka sudah terkenal sebagai penduduk dunia yang panjang umur," imbuh Ai.

Makanan menjadi kuncinya (Masaul/detikTravel)Makanan menjadi kuncinya (Masaul/detikTravel)

Tonton juga video: 'Tips Awet Muda di Usia 50-an ala Tante Puspa Dewi'

[Gambas:Video 20detik]


Menyinggung makanan tradisional Okinawa yang bisa bikin panjang umur adalah daging. Bukan sembarang daging, apa itu?

"Penduduk sini lebih banyak memakan daging daripada penduduk di pulau utama Jepang. Hal ini dikarenakan penyebaran agama Hindu yang tak terlalu kuat," jelas Ai.

"Sebagai perbandingannya, rata-rata orang Okinawa mengonsumsi produk daging sebanyak 90 gram, maka penduduk pulau utama Jepang hanya 70 gram," imbuh dia menjelaskan.

Mengkonsumsi daging menjadi salah satu resepMengkonsumsi daging menjadi salah satu resep (Masaul/detikTravel)
Dijelaskan Ai bahwa daging yang dimaksud adalah daging babi. Pengolahan dagingnya pun masih tradisional dengan tidak memakan daging itu secara langsung.

"Cara memasaknya dengan direbus dalam jangka waktu yang lama hingga lemaknya keluar semua. Jadi yang dimakan orang-orang Okinawa hanya berupa daging rendah lemak," kata Ai.

Penduduk Okinawa yang hidup panjang umurnya memakan semua bagian babi. Hanya satu bagian yang tak dimakan, yakni bagian mulut.

Ini Resep Kenapa Warga Jepang Bisa Hidup 100 Tahun
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED