Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Jul 2018 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Bangga, Gamelan Berkumandang di Festival Musik Hungaria

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Bule Hungaria cantik pemain gamelan (dok KBRI Budapest)
Bule Hungaria cantik pemain gamelan (dok KBRI Budapest)
Budapest - Musik tradisional menjadi promosi wisata yang efektif untuk Indonesia. Gamelan pun unjuk gigi dalam festival musik dunia di Hungaria.

Seminggu lamanya alunan musik gamelan terdengar mengumandang pada ajang the 8th Babel Sound Interactive World Music Festivals di Hungaria. Festival musik tahunan yang diadakan di sebuah kota wisata sebelah barat Hungaria bernama Balaton Boglar.

Dalam rilis KBRI Budapest kepada detikTravel, Rabu (25/7/2018) suara gamelan tersebut berasal dari tenda Indonesia dan dimainkan oleh grup gamelan Topong Bang yang merupakan grup gamelan asuhan KBRI Budapest. Yang mengejutkan grup gamelan yang terdiri dari 12 orang ini semuanya berkewarganegaraan Hungaria.

"Betul, mereka adalah orang Hungaria pecinta Indonesia, mereka sangat mencintai gamelan dan budaya-budaya Indonesia. Tiap minggu Grup Topong Bang latihan di Sanggar KBRI Budapest dengan tekun dan telaten, sehingga permainan gamelannya tidak kalah dengan gamelan yang dimainkan orang Indonesia asli," kata Dubes RI untuk Hungaria Wening Esthyprobo.

Pemain gamelan di Babel Sound Music Festival (dok KBRI Budapest)Pemain gamelan di Babel Sound Music Festival (dok KBRI Budapest)
Dalam 7 hari pelaksanaan Babel Sound Music Festival, tenda Indonesia selalu dipenuhi pengunjung. Tidak hanya untuk mendengarkan alunan gamelan, tenda Indonesia yang berukuran cukup besar tersebut juga menyajikan pertunjukan interaktif dengan penonton seperti workshop batik, workshop wayang kulit, mendongeng dengan alunan gamelan hingga mewarnai wayang dan kartun Indonesia.

"Kita beruntung mendapatkan tenda Ini. Tenda ini diberikan secara gratis oleh Viktor Viszt, penyelenggara acara, ukurannya lebih besar dari tenda-tenda negara lainnya, dan ini sudah merupakan tahun ketiga kita mendapatkan tenda di sini," ungkapnya sumringah.

Memang selain Indonesia, tampak juga berdiri tenda-tenda negara India, Turki, Slowakia, Italia dan Portugal dengan ukuran separuh dari tenda Indonesia. Tenda Indonesia pun merupakan tenda yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung dalam kurun waktu 7 hari pelaksanaan festival.

Pertunjukan gamelan ini ramai perhatian penonton (Dok KBRI Budapest)Pertunjukan gamelan ini ramai perhatian penonton (Dok KBRI Budapest)
"Kami senang dapat tampil. Kami sangat mencintai Indonesia dengan budayanya yang kaya dan kami ingin turut memperkenalkannya kepada masyarakat Hungaria," ungkap Jakab Geza, pemimpin grup gamelan Topong Bang.

Selain gamelan, tarian dan promosi budaya interaktif, promosi budaya Indonesia semakin lengkap dengan penampilan Ras Muhamad di Panggung Utama Babel Sound Music Festivals. Penampilan Duta Reggae Indonesia yang menggebrak tersebut membuat kenangan akan budaya Indonesia terpateri dalam hati penonton dan pengunjung yang hadir di Babel Sound Music Festival.

Babel Sound Musikc Festival merupakan acara musik Internasional tahunan yang mengumpulkan pemusik dan penampil dari berbagai negara untuk tampil di Balaton. Untuk tahun ini, terdapat penampilan 13 negara sahabat dengan Ras Muhamad sebagai wakil dari Indonesia.



Tonton juga video: 'Pevita Bangga Filmnya Tayang di 2 Festival Film Internasional'

[Gambas:Video 20detik]

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA